Penerapan Model TGT-STEM Menggunakan Articulate Storyline 3 Terhadap Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik IPA SMP
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan keterampilan kolaborasi antar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran TGT STEM berbantuan Articulate Storyline 3 dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran TGT STEM tidak dengan Articulate Storyline 3 serta perbedaam hasil belajar antar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran TGT STEM berbantuan Articulate Storyline 3 dibandingkan dengan peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran TGT STEM dengan Articulate Storyline 3. Jenis penelitian ini yaitu Kuasi Eksperimental dengan desain pretest-posttest control group. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Data dianalisis dengan menggunakan uji Independent T-Test. Hasil penelitian ini terdapat perbedaan keterampilan kolaborasi dan perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada keterampilan kolaborasi antara dua kelas didapat nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kedua kelas yang dibuktikan dengan nilai sig (2-tailed) 0,002 < 0,05
Article Details
References
Amni, Zakia, Hadi Kusuma Ningrat, dan Raehanah. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Destinasi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Materi Larutan Penyangga.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 15(2):2840–48. doi: 10.15294/jipk.v15i2.25716.
Anugerahwati, M. 2019. “Integrating the 6Cs of the 21st Century Education into the English Lesson and the School Literacy Movement in Secondary Schools.” KnE Social Sciences 3(10):165–71. doi: 10.18502/kss.v3i10.3898.
Erviani, Irma, Hilmi Hambali, dan Rahmatia Thahir. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe tgt (Team Games Tournament) Berbantuan Media Kokami Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa.” Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran 2(3):30–38. doi: 10.51574/jrip.v2i3.680.
Fatkhomi, Fahmi, dan Yuni Arfiani. 2021. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif berbasis Flash pada Pembelajaran Fisika.” PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) 6(2):102–8. doi: 10.24905/psej.v6i2.47.
Nurmala, Siti, Retno Triwoelandari, dan Muhammad Fahri. 2021. “Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa SD/MI.” Jurnal Basicedu 5(6):5024–34. doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1546.
Pambudi, Chandra Tri, dan Ika Ratnaningrum. 2024. “Articulate Storyline 3 Media to Improve Learning Outcomes in Natural and Social Sciences Subjects in Fourth-Grade Elementary School.” International Journal of Elementary Education 8(2).
Sitanggang, Nada Despriyanti, dan M. Joharis Lubis. 2023. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Kelas VIII SMP Amir Hamzah Medan.” Jurnal Yudistira?: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa 1(4):71–82.
Ulhusna, M., dan S. D. Putri. 2020. “Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika.” International Journal of Elementary Education 4(2):130–37.
Widiyanto, Bayu, Muriani Nur Hayati, dan Yuni Arfiani. 2021. “Penggunaan Media Video Komik Tema Pencemaran Sebagai Media Ajar IPA untuk Meningkatkan Environment Sensitivity.” PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) 6(2):69–76. doi: 10.24905/psej.v6i2.124.
Yurt, Eyüp. 2023. “21st-Century Skills as Predictors of Pre-Service Teachers’ Professional Qualifications: A Cross-Sectional Study.” International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology 11(5):1328–45. doi: 10.46328/ijemst.3291.