Pengetahuan Sustainable Development Goals (SDGs) terhadap Guru IPA SMP dalam Mendukung Education for Sustainable Development (ESD) pada Pembelajaran IPA

Main Article Content

Farah Hikmah Cahyani
Bayu Widiyanto
Yuni Arfiani

Abstract

Sebagian besar guru IPA memiliki pemahaman yang cukup baik tentang Sustainable Development Goals (SDGs), namun hanya sebagian kecil responden memiliki pemahaman yang mendalam. Oleh karena itu, manusia perlu meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan karena kondisi lingkungan saat ini menjadi suatu perhatian utama, dengan adanya ESD dalam pendidikan untuk memberikan kesadaran terhadap lingkungan untuk keberlanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan Sustainable Development Goals (SDGs) terhadap guru IPA SMP dalam mendukung Education for Sustainable Development (ESD) pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan memberikan pertanyaan wawancara kepada responden. Sampel pada penelitian ini merupakan beberapa partisipan Guru IPA sebagai responden di SMP di Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara secara langsung. Analisis data dilakukan untuk memahami hasil transkrip wawancara, kemudian mendeskripsikan dan menjabarkan secara deskriptif, untuk mendapatkan informasi yang relevan, kemudian hasil datanya dijadikan bahan untuk mencari jawaban yang tepat. Peneliti menyimpulkan dari hasil wawancara yang didapatkan dari jawaban para responden, bahwa mayoritas memiliki pemahaman mengenai SDGs. Namun, sebagian kecil yang benar-benar memahaminya secara mendalam. Responden memiliki pemahaman mendalam pada kondisi lingkungan saat ini, termasuk permasalahan lingkungan yang relevan dengan SDGs. Penerapan ESD memiliki potensi besar untuk menunjang SDGs dan meningkatkan kesadaran individu terhadap isu-isu keberlanjutan untuk lingkungan yang lebih baik.

Article Details

Section
Articles

References

Alisjahbana, A. S., & Murniningtyas, E. (2018). Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. Unpad Press: Bandung.
Arfiani, Y., & Kusuma, M. (2019). The Development of Basic Concept Science Module With Sets (Science Environment Technology Society) Vision Based on Science Literacy. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 10(2), 314–322.
Creswell, J. W. (2021). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Fitri Darmawan, K. (2022). Hak Asasi Lingkungan Versus Hak Atas Pembangunan Sebagai Ham: Antara Konflik Dan Keseimbangan. Jurnal Poros Hukum Padjadjaran, 3(2), 169–184.
Hastuti, A., Anam, C., Yulianingsih, E., Reagan, H. A., Ihsan, M., Setiyawati, N., Nurarifin, Meilaningsih, T., & Saputri, V. G. (2022). Indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Indonesia: Badan Pusat Statistik. BPS-Statistics Indonesia: Jakarta.
Heriyansyah, H. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 116–127. https://doi.org/10.30868/im.v1i01.218
Hudi, I., Purwanto, H., Retno, D., & Triana, D. H. (2022). Persepsi dan Sikap Mahasiswa Umri terhadap Education for Sustainable Development (ESD) dalam Implementasi Ecocampus. Refleksi Edukatika?: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 20–27.
Humaida, N., Aula Sa’adah, M., Huriyah, H., & Hasanatun Nida, N. (2020). Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan Dalam Perspektif Islam. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 18(1), 131. https://doi.org/10.18592/khazanah.v18i1.3483
Kumara, A. R. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Ahmad Dahlan.
Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Pendidikan Pembangunan Berkelanjutan Dimensi Pelestarian Lingkungan Melalui Model Pembelajaran RADEC Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Islam Modern, 8(1), 1–13.
Purnamasari, S., & Hanifah, A. N. (2021). Education for Sustainable Development (ESD) dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1(2), 69–75.
Putri, N. T. (2021). Implementasi Nilai-nilai Education for Sustainable Development (ESD) di Sekolah Adiwiyata dan Non Adiwiyata. UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta.
Rahmah, D. M. (2022). Perubahan Iklim dalam Pendidikan IPA Berkelanjutan. Jurnal Sains Edukatika Indonesia (JSEI), 4(2), 20–25.
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106.
Setiady, T. (2017). Pencegahaan Pencemaran Air Sungai Citarum Akibat Limbah Industri. Yustitia, 3(2), 185–198.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Widiyanto, B. (2017). Penerapan Metode Field trip pada MK. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Kepedulian Mahasiswa terhadap Permasalahan Sampah. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 11(2), 159–169.
Widiyanto, B., Aji Fathurakhaman, M., & Munadi. (2023). Calculation of Waste Generation and Composition in Tegal City as an Effort to Increase Waste Reduction. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1147(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1147/1/012022
Widiyanto, B., Nur Hayati, M., & Arfiani, Y. (2021). Penggunaan Media Video Komik Tema Pencemaran Sebagai Media Ajar IPA untuk Meningkatkan Environment Sensitivity. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(2), 69–76.
Widjajanti, D. (2014). Pengantar Pemahaman Pendidikan Konsumsi Berkelanjutan (PKB) di Indonesia. Yayasan Pembangunan Berkelanjutan dalam kemitraan bersama United Nations Environment Programme. Jakarta.
Wilujeng, I., Dwandaru, W. S. B., & Rauf, R. A. B. A. (2019). The Effectiveness of Education for Environmental Sustainable Development to Enhance Environmental Literacy in Science Education: A Case Study of Hydropower. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 521–528.