Pengaruh Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 terhadap Keterampilan Berpikir Kritis

Main Article Content

Zakiyatul Makhula
Bayu Widiyanto
Muriani Nur Hayati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil keterampilan berpikir kritis siswa di SMK menggunakan hasil observasi siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan dua kelompok yaitu kelas eksperimen yang menggunakan Articulate Storyline 3 dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan teknik purposive sampling kelas 10 sebagai objek penelitian yakni pada siswa MPLB 1 (kelas eksperimen) DKV 3 (kelas kontrol). Lembar observasi digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa pada empat indikator utama: merumuskan masalah, memberi argumen, memutuskan dan melaksanakan, serta evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh skor yang lebih tinggi pada setiap indikator dibandingkan dengan kelas kontrol, mengindikasikan bahwa Articulate Storyline 3 berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh skor yang lebih tinggi pada masing-masing indikator dibandingkan dengan kelas kontrol, menunjukkan bahwa Articulate Storyline 3 berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa seperti yang ditunjukkan oleh analisis pada tabel 3 dimana sig. (2-tailed) adalah 0,007 kurang dari nilai alfa (0,05). Hasil deskripsi keterampilan pada siswa oleh masing-masing indikator adalah pada kelas eksperimen yang merumuskan soal (94,76%), Memberikan argumen (93,5%), memutuskan dan melaksanakan (88,57%) dan evaluasi (89,04%). Sedangkan kelas kontrol untuk merumuskan masalah (80,71%), memberikan argumen (85%), memutuskan dan mengimplementasikan (78,92%) dan mengevaluasi (85,231%) Sementara itu, kelas kontrol untuk merumuskan masalah (80,71%), memberikan argumen (85%), memutuskan dan mengimplementasikan (78,92%) dan mengevaluasi (85,231%).

Article Details

Section
Articles

References

Cheng, L., Fang, G., Zhang, X., Lv, Y., & Liu, L. (2024). Impact of social media use on critical thinking ability of university students. Library Hi Tech, 42(2), 642–669. https://doi.org/10.1108/LHT-11-2021-0393

During, L. (2022). PISA 2022 Results: Vol. II.

Fernandes, S. R. G. (2014). Preparing Graduates for Professional Practice: Findings from a Case Study of Project-based Learning (PBL). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 139, 219–226. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.08.064

Hariyati, N., & Tarma, M. (2018). The Effectiveness of Natural Science Learning Based on Contextual Teaching and Learning in Improving The Critical Thinking Skills of Elementary School Students. 6(October 2015), 66–77. https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.66

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). (2021). No Title. Media Pembelajaran. http://eprints.unm.ac.id/20720/1/Media Pembelajaran 2.pdf

Husnidar, Ikhsan M, & Rizal, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Disposisi Matematis Siswa., Vol. 1, No(ISSN: 2355-4185). https://jurnal.usk.ac.id/DM/article/view/1288

Lawson, A. P., & Mayer, R. E. (2022). The Power of Voice to Convey Emotion in Multimedia Instructional Messages. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 32(4), 971–990. https://doi.org/10.1007/s40593-021-00282-y

Markula, A., & Aksela, M. (2022). The key characteristics of project-based learning: how teachers implement projects in K-12 science education. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 4(1). https://doi.org/10.1186/s43031-021-00042-x

Masdar Limbong, Firmansyah, Fauzi Fahmi, & Rabiatul Khairiah. (2022). Sumber Belajar Berbasis Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 27–35. https://doi.org/10.51454/decode.v2i1.27

Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya SMP. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 17–27. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.69

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Putri, M. H., Fahmi, F., & Wahyuningsih, E. (2021). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Ipa Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Smp Pada Materi Pokok Listrik Statis. International Journal ,, 1(2), 79–84. https://doi.org/10.20527/jbse.v1i2.13

Saski, N. H., & Sudarwanto, T. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital Pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1118–1124.