E-STEM Modul Ajar pada Materi Energi dan Perubahannya di Kelas X SMK
Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis STEM (Sains Technology Engineering Mathematic) yang valid dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X DKV II dan guru mata pelajaran IPAS di SMK. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis R&D (Research and Development) dengan model 4-D (Define, Design, Develop and Dissemination) bersumber pada penilitian Thiagarajan (1974). model ini terdiri dari 4 tahap yaitu pendefisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebarluasan (Dissemination). keseluruhan penilaian validasi e-modul oleh validator ahli materi menunjukan nilai 84,68 dengan kriteria sangat layak. Sedangkan penilaian validasi e-modul oleh validator ahli media mendapatkan nilai sebesar 87,6 dengan kategori sangat layak. Hal ini menunjukan bahwa e-modul berbasis STEM telah memenuhi keseluruhan aspek meliputi kualitas materi, penyajian materi, kebahasaan, STEM, tampilan visual, penggunaan huruf dan kemudahan pengguna. Uji coba produk menunjukkan nilai sebesar 90,07% dengan kategori sangat menarik. Hasil tersebut menunjukkan e-modul berbasis STEM sudah cukup layak digunakan untuk pembelajaran peserta didik
Article Details
References
Azizah, I. N., Amri, M. K., Ikashaum, F., & Mispani, M. (2021). Pengembangan Modul Kalkulus dengan Pemanfaatan Software Geogebra. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika). https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.1.13-23
Cholily, Y. M. (2020). Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 1–6.
Kemendikbud. (2017). Buku Guru Ilmu Pengethauan Alam.
Kosasih,E. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.
Mariana, I. M. A., & Praginda, W. 2009. Hakikat IPA dan pendidikan
Nerita, S., Hartati, Y. S., Maizeli, A., & Afza, A. (2018). Validitas Handout Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Perkuliahan Evaluasi Proses Dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i2.131
Nurdin, K. (2023). TERHADAP KINERJA GURU Pendahuluan. 8(2), 299–314.
Nurramadhani, A., Lathifah, S. S., & Permana, I. (2020). Students’ Generated Questions Quality by Developing STEM-based E-Module in Science Learning. Scientiae Educatia, 9(2), 134. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v9i2.7131
OECD (Organization for Economic Co-operation and Development). 2022.
Oktaviani, P., Hartono, H., & Marwoto, P. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Bervisi SETS sebagai Alat Bantu Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA di SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Peserta Didik. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal). https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.746.
Puspita, L. (2019). Pengembangan modul berbasis keterampilan proses sains sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22530
Prastowo, A.2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jakarta:Diva Press
Rindaryati, N. (2021). E-Modul Counter Berbasis Flip Pdf pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 192. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.31240
Rozalia, A., Kasrina, K., & Ansori, I. (2019). Pengembangan Handout Biologi Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Sma Kelas X. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 44–51. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.2.44-51
Rozhana, K. M., & Anwar, M. F. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Hasil Belalajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i1.5957
Saiful Bahri Djamarah, Asman Zain,2013. Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, h. 92.
Shinta, R. 2023 "Pelaksanaan Pendidikan: Ratri Materi dan Pembelajaran IPA 4C." Pelaporan BKD IKIP PGRI Wates 1.
Thiagarajan. 1974. Thiagarajan, Sivasailam; And Others Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook,Indiana univ, Bloomington. Center for innovation in. research and development. 137-159.
Yogantari, P., Yuliati, L., & Suyudi, A. (2014). Pengaruh Model Integrative Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X MIA (Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam) SMAN 3 Malang. Jurnal Online Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang.
Yulia, Y. (2021). Validitas Bahan Ajar Berbasis Riset Pada Materi Sistem Reproduksi Sma/Ma. Horizon, 1(1), 195–203. https://doi.org/10.22202/horizon.v1i1.4710