Kajian Literatur Pembelajaran Konsep Dasar IPA di Tingkat Perguruan Tinggi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merinci literature mengenai implementasi pembelajaran konsep dasar IPA di tingkat perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review dengan pendekatan kualitatif. Literature review merupakan proses pencarian dan penelitian kepustakaan yang melibatkan membaca berbagai buku, jurnal, dan publikasi lainnya yang terkait dengan topik penelitian yang digunakan untuk menyusun artikel tentang subjek atau topik tertentu. Langkah-langkah penelitian mencangkup pengumpulan artikel, reduksi artikel, penyajian artikel, diskusi, dan penarikan kesimpulan. Sumber data penelitian berasal dari artikel jurnal nasional yang diterbitkan 10 tahun terakhir. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan artikel sejumlah 15 artikel yang sesuai dengan topik judul penelitian.
Article Details
References
Andari, K. D. W., & Al-wahid, S. M. 2020. Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penggunaan Mind Mapping Mata Kuliah Konsep Dasar IPA Biokimia. Edukasia. 7(1)), 51-58.
Atmojoyo. I. R. W. 2015. Pengaruh Penggunaan Metode Discovey Berbasis Media Realita terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Konsep Dasar IPA 1. Mimbar Sekolah Dasar. Vol 2(2), 130-139.
Hairunisa, Hakim, A. R., & Nurjumiati. 2019. Studi Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Kreativitas Mahasiswa Program Studi PGSD pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Vol 9(2), 93-96.
Ilham, M., & Amal, A. 2023. Implementasi Model Project Based Learning Berbasis Teori Belajar Kolaboratif dalam Pembelajaran Konsep Dasar IPA SD. Madako Elementari School. Vol 2(2), 172-180.
Izzudin Ahmad. 2024. Peningkatan Konsep Sains Mahasiswa calon Guru SD/MI pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol 6(1), 34-46
Jumiati. 2017. Penerapan Metode Karya Wisata pada Konsep Dasar IPA MI/SD Materi Perkembangbiakan untuk Meningkatkan Mootivasi Belajar Mahasiswa PGMI. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. Vol 2(2), 19-27.
Manurung, I. F.U. 2019. Keterampilan Proses Sains pada Modul Praktikum Konsep dasar IPA untuk Mengidentifikasi Kemampuan Desain Bereksperimen Mahasiswa PGSD. Vol 9(3),241-247.
Nuvitalia, D., Saptaningrum, E., & Patonah, S. 2021. Motivasi Sains Mahasiswa dalam Pembelajaran Konsep Dasar IPA Fisika Melalui Virtual Laboratory. JurnalKualitas Pendidikan. Vol 2(3), 243-247.
Putri, K. E., & Damayanti, S. 2019. Pengembangan E-Learning menggunakan portal pembelajaran Mahasisswa pada Matakuliah Konsep Dasar IPA di Era Disruption. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. Vol 5(1), 117-131.
Retno, R. S., & Yuhanna, W. L. 2016. Pembelajaran Kosep dasar IPA dengan Scientific inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah pada mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. Vol 2(1), 1-9.
Siregar, H. T., & Tarigan, R. M. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Google Classroom (GCR) pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA Mahasiswa PGSD. Journal of natural Sciences. Vol 1(3), 136-142.
Wedayanti, D. P. S., Suarjana, I. M., & Widiana, I.W. 2015. Pengaruh Pembelajaran Terpadu Tipe Connected terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesa Jurusan PGSD, 33(1).
Winangun, I. M. R. 2023. Integrasi Aktivitas Belajar Tri Hita Karana Berorientasi 4C dalam Matakuliah Konsep Dasar IPA SD. Vol 4(1), 71-80.
Winarti, Puji. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Perkulihan Konsep Dasar IPA Fisika secara daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol 5(1), 93-107.