Analisis Kemampuan Literas Digital Calon Guru IPA dalam Pembelajaran Berbasis Google Site
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat penguasaan literasi digital calon guru IPA dalam pembelajaran berbasis Google Site. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 28 mahasiswa semester 6 Program Studi S1 Pendidikan IPA di Universitas Pancasakti Tegal. Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang mengukur delapan aspek literasi digital, yaitu Functional Skills and Beyond, Creativity, Collaboration, Communication, The Ability to Find and Select Information, Critical Thinking and Evaluation, Cultural and Social Understanding, serta E-Safety. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek Critical Thinking and Evaluation memiliki tingkat penguasaan tertinggi sebesar 69,65%, sementara aspek Collaboration memiliki nilai terendah sebesar 41,05%. Temuan ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki keterampilan berpikir kritis yang baik dalam mengevaluasi informasi, tetapi masih lemah dalam berkolaborasi secara daring. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang lebih interaktif untuk meningkatkan keterampilan kolaboratif dalam lingkungan digital.
Article Details
References
Aguilera, E. (2022). Defining Digital Literacy. Digital Literacies and Interactive Media, 17–44. https://doi.org/10.4324/9781003011750-2
Alsalem, M. A. (2016). Redefining literacy: the realities of digital literacy for students with disabilities inK-1. Journal of Education and Practice, 7(32), 205–215. www.iiste.org
Broto, A. H., Miarsyah, M., & Ristanto, R. H. (2021). G-Site development as Teaching Materials and Science Learning Media to Improve Junior High School Student Learning Outcomes on Plant Structure materials. Abjadia : International Journal of Education, 6(1), 20–29. https://doi.org/10.18860/abj.v6i1.11398
Hague, C., & Payton, S. (2010). Digital Literacy across the curriculum. A Futurelab Handbook. Tersedia di : https://www.nfer.ac.uk/media/jnhety2n/digital_literacy_across_the_curriculum.pdf
Helsper, E. J., & Eynon, R. (2010). Digital Natives: Where is the Evidence? British Educational Research Journal, 36(3), 503–520. https://doi.org/10.1080/01411920902989227
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Jubaidah, S., & Zulkarnain, M. R. (2020). Penggunaan Google Sites Pada Pembelajaran Matematika Materi Pola Bilangan Smp Kelas VIII Smpn 1 Astambul. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 68–73.
Kominfo (2022). Indeks Literasi Digital Indonesia Kembali Meningkat Tahun 2022. Tersedia di https://aptika.kominfo.go.id/2023/02/indeks-literasi-digital-indonesia-kembali-meningkat-tahun-2022/ [diakses 10-2-2023]
Martin, A., & Grudziecki, J. (2006). DigEuLit: Concepts and Tools for Digital Literacy Development. Innovation in Teaching and Learning in Information and Computer Sciences, 5(4), 249–267. https://doi.org/10.11120/ital.2006.05040249
Muliani, A., Karimah, F. M., Liana, M. A., Pramudita, S. A. E., Riza, M. K., & Indramayu, A. (2021). Pentingnya Peran Literasi Digital bagi Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0 untuk Kemajuan Indonesia. Journal of Education and Technology, 1(2), 87–92.
Novita, D., & Hutasuhut, A. R. (2020). Plus Minus Penggunaan Aplikasi-Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 (Pluses and minuses of using online learning applications during the Covid-19 pandemic). Unimed Medan, June, June, 1–11.
Permendikbudristek (2022). Peraturan Mentri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2022 Tentang Standar Pendidikan Guru. Tersedia di https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20221125_082855_Salinan%20Permendikbudristek%20No%2056%20Tahun%202022_jdih.pdf [diakses 5-2-2023]
Pratama, H. & Arief, R. (2021). Analisis Literasi Digital Mahasiswa Calon Guru di Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 3(2), 112–125.
Rahma, M., Yulis, E., Pratiwi, N., Susanto, R., Syofyan, H., Keguruan, F., Pendidikan, I., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Mengembangkan Kompetensipedagogik Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(c), 97–105.
Rahmadanita, A., & Hidayat, E. (2023). Tren Penelitian Literasi Digital (Digital Literacy) Tahun 2012-2022: Sebuah Pendekatan Bibliometrik. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 5(2), 188–207. https://doi.org/10.33701/jtkp.v5i2.3850
Ramadannisa, R. F., & Hartina, M. M. (2021). The Design of Web-Based Learning Using Google Sites for Teaching Heat and Temperature Topic. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 7(2), 107–114. https://doi.org/10.21009/1.07202
Shatri, Z. G. (2020). Advantages and disadvantages of using information technology in learning process of students. Journal of Turkish Science Education, 17(3), 420–428. https://doi.org/10.36681/tused.2020.36
Themes, K. E. Y. T. O. (2013). Literacy across the Curriculum. Literacy across the Curriculum. https://doi.org/10.18848/978-1-61229-143-7/cgp