Implementasi Video Wayang Sokmah Berbantuan LKPD IPA terhadap Hasil Belajar dan Motivasi di Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Tri Utari
M. Aji Fatkhurrohman
Mobinta Kusuma

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui peningkatan hasil belajar setelah penerapan video wayang SOKMAH. (2) Mengetahui motivasi belajar siswa dengan adanya penggunaan media video wayang. (3) Mengetahui tingkat efektivitas video wayang SOKMAH tehadap hasil belajar di masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen, dengan design pretes-posttest tak ekuivalen. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa lembar tes, lembar validasi, lembar angket. Data dianalisis dengan uji independent sampel t-Test dan uji N-Gain score yang sebelumnya data diuji dengan normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar sebesar 17,19 masuk dalam kategori rendah, motivasi belajar siswa memperoleh rata- rata sebesar 83,51% masuk kategori tertarik dan tingkat efektivitas video wayang SOKMAH memperoleh N-Gain score sebesar 0,304 masuk kategori sedang.

Article Details

Section
Articles

References

Suriadhi, G., Tastra, I. D. K., & Suwatra, W. lg. (2014). Pengembangan E Learning Berbasis EDMODO Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Singaraja. 2(1).
Jayanti, I.B.R., Suyidno, S., & Hartini, S. (2014). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Dan Media Pembelajaran Inkuiri Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 1. https://doi.org/10.20527/bipf.v2i1.802

Al Mukarram, A., Hartini, S., & Wati, M. (2014). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa ( LKS ) dan Media PembelajaranIPA SMP Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. 2(3), 253–264.

Wulandari, A., & Risdianto, E. (2020). Deskripsi Minat dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Direct Instruction Berbasis Mind Mapping pada Pembelajaran IPA di SMPN 3 KEPAHIANG. 3(1), 51–58.

Wiyarsi, A., & Sutiman. (2009). Pengaruh peta konsep terhadap motivasi dan penguasaan konsep kimia siswa sma. 81–88.

Imamah, N. (2012). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kontruktivisme Dipadukan dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. 1(1), 32–36.
Gowasa, S., Harahap, F., & Suyanti, R. D. (2010). Perbedaan Penggunaan Media Powerpoint dan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Retensi Memori Siswa pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD. 19–27.