Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian yaitu mengetahui kompetensi pedagogik guru selama masa pandemi dan mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar IPA siswa SD di Kecamatan Larangan. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan multistage random sampling. Sampel yang diambil untuk penelitian yaitu guru sebagai subyek penilaian kompetensi pedagogik guru dan hasil belajar kognitif siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen non tes berupa angket penilaian kompetensi pedagogik guru dan dokumentasi dari hasil belajar kognitif berupa nilai PTS mata pelajaran IPA di SD. Hasil penelitian; Kompetensi pedagogik guru selama masa pandemi sesuai dari hasil angket penilaian yaitu memiliki rata-rata sebesar 82,98. Kompetensi pedagogik guru berpengaruh kuat terhadap hasil belajar IPA terlihat dari hasil uji hipotesis menghasilkan nilai sebesar 0,000 < 0,05 , adanya nilai korelasi r hitung antara kedua variabel yaitu 0,724.
Article Details
References
Arikunto, S. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Gasong, D. (2018). Belajar dan pembelajaran.Yogyakarta, Indonesia: Penerbit Deepublish
H, Darmadi. (2010). Kemampuan dasar mengajar dasar konsep pendidikan moral. Bandung: Alfabeta, 114.. Bandung: Alfabeta, 2009
Kemdikbud RI. SE Mendikbud: Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran COVID-19.https://jdih.kemdikbud.go.id diakses tanggal 28 April 2021 pukul 14.34
Kemendikbud RI, 2020. Bersama Hadapi Korona https://simpandata.kemdikbud.go.id/ [Online], diakses pada 30 April 2021
Khofiatun, K., & Ramli, M. (2016). Peran Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 984-988.) [online]. Available: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6336
Khusniati, M. (2012). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2). [online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2140
Marselur R, Payong (2011). Sertifikasi Profesi Guru Konsep Dasar, Problematika, Implementasinya. Jakarta Barat: Indeks , h, 28.
Putra, R. A. M., & Bangunan, P. V. K. (2020). Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam Masa Pandemi. Journal of Chemical Information and Modeling. [online]. Available : https://ojsdikdas.kemdikbud.go.id/index.php/didaktika/article/view/224
Rusnadi, N. M., & Arini, D. P. P. N. W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PgsdUndiksha, 1(1). [online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/897
Sanjaya, J. B., & Rastini, R. (2020). Implementasi Kurikulum Darurat di Masa Pandemi COVID-19 Dalam Upaya Pemenuhan Hak Pendidikan. JIL: Journal of Indonesian Law, 1(2), 161-174. [online]. Available: https://ejournal.iainsalatiga.ac.id/index.php/jil/article/view/4583
Setyo,Yanuartuti. (2020). Relokasi Pembelajaran Seni dalam Bentuk Daring Online untuk Meningkatkan Kreativitas Selama Pandemi Covid-19, Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 138-145. [online]. Available: http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/1182
Barnawi dan Arifin, M. (2012). Etika dan Profesi Kependidikan.Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Siregar, J. (2020). Kerjasama Guru Dan Orangtua Dalam Mengelola Strategi Pembelajaran Home Learning Masa Pandemi Covid 19 Di Paud Kasih Efrata Jatiasih Bekasi. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 245-254. [online]. Available: http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/article/view/2383
Susilo, H. dkk. 2011. Lesson Study Berbasis Sekolah, Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif. Malang: Mayumedia Publishing.