Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kondisi awal critical thingking peserta didik, (2) perbedaan peningkatan critical thingking peserta
didik. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest and posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP N 3 Adiwerna pada tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun data diambil dengan teknik dokumentasi, tes dan wawancara. Data dianalisis dengan uji N-Gain dan independent sample t-test. Sebelumnya data dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan awal peserta didik ditunjukkan dari hasil pre-test dari kelas
eksperimen dan kelas kontrol bahwa nilai yang diperoleh masih dibawah KKM. (2) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran group investigation
berbantuan media exploding box dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran group investigation. (3) Model pembelajaran group investigation berbantuan media exploding box lebih efektif daripada model pembelajaran group investigation. (4) Respon peserta didik terhadap model pembelajaran group investigation berbantuan media exploding box lebih baik
dibandingkan dengan model pembelajaran group investigation
Keywords
Article Details
References
- Fuady, M. J. (2017). Pengembangan untuk
- Pendidikan Jarak Jauh. TEKNO, 26(2).
- Nadiya, N., Rosdianto, H., & Murdani, E.
- (2016). Penerapan Model Pembelajaran
- Group Investigation (GI) untuk
- Meningkatkan Keterampilan Berpikir
- Kritis Siswa pada Materi Gerak Lurus
- Kelas X. JIPF. Jurnal Ilmu
- Pendidikan Fisika. 1(2). 49-51.
- Taufiq, M., Dewi, N. R., & Widiyatmoko, A.
- (2014). Pengembangan Media
- Pembelajaran Ipa Terpadu Berkarakter
- Peduli Lingkungan Tema
- “Konservasi” Berpendekatan ScienceEdutainment. Jurnal Pendidikan IPA
- Indonesia, 3(2), 122575.
- Tran, V. D. (2014). The Effects Of
- CooperativeLearning On The Academic
- Achievement
- AndKnowledgeRetention. International
- JournalOf Higher Education, 3(2), 131-
- 140.
- Zakiyah, Lu’luatuz. (2016). “Keefektifan Model
- Pembelajaran Group Investigation
- Terhadap Hasil Belajar IPA”. Skripsi
- Universitas Negeri Semarang.
- Susilaningrum, E. S. (2014). “Peningkatan
- Keterampilan Berpikir Kritis Dalam
- Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan
- Scientific Bermetode Group
- Investigation”. Skipsi: Universitas Negeri
- Yogyakarta
- Susanti, N. P. Y., Darsana, I. W., & Ardana, I.
- K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran
- Kooperatif Tipe Group Investigation
- Berdasarkan Keterampilan Proses
- Terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR
- PGSD Undiksha, 1(1)
- Yuberti, S. L., Anugrah, A., Saregar, A., &
- Misbah, K. J. European Journal of
- Educational Research