Implementasi Model PBL (Problem Based Learning) Berbantuan Media Rumah Kaca terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa di Masa Pandemi Covid-19
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sesudah penerapan model pembelajaran PBL berbantuan media rumah kaca, (2) Mengetahui efektivitas model pembelajaran PBL berbantuan media rumah kaca dan untuk (3) Mengetahui pengaruh keterampilan komunikasi terhadap hasil belajar sesudah penerapan model pembelajaran PBL berbantuan media rumah kaca. Data diambil dengan menggunakan lembar tes dan non tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji Independent sample t-test dan uji N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peningkatan hasil belajar sesudah diterapkan model pembelajaran PBL berbantuan media rumah kaca meningkat, dengan hasil rata-rata pretest 53,27 dan posttest 82,03; (2) Model pembelajaran PBL berbantuan media rumah kaca pada kelas eksperimen cukup efektif, dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen 58,81% sedangkan pada kelas kontrol 44,73%; (3) Keterampilan komunikasi setelah menerapkan model pembelajaran PBL berbantuan media rumah kaca mempengaruhi hasil belajar, dengan hasil uji t-test 0,01 < 0,05 sehingga ditolak dan diterima.
Article Details
References
Fitria. (2013).. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Haryanti, A., & Suwarma, I. R. (2018). Profil Keterampilan Komunikasi Siswa Smp Dalam Pembelajaran Ipa Berbasis Stem. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 49. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10940
Malikha, D. R. (2018). Strategi Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Sebagai Salah Satu Metode Pembelajaran Berkarakter dan Berwawasan Global. Seminar Nasional Pendidikan Dan Kewarganegaraan IV. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/SEMNASPPKN/article/view/162
Ngaeni, E. N., & Saefudin, A. A. (2017). Menciptakan Pembelajaran Matematika Yang Efektif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Dengan Model Pembelajaran Problem Posing. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 264. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.896
Oki, D., Artha, S., Astrissi, G., Sukardjo, J. S., & Hastuti, B. (2014). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT ( TGT ) DISERTAI MEDIA TEKA TEKI SILANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI MINYAK BUMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013. 3(2), 22–27.
Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 34. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.80
Suryani, I. (2012). ( PBL ) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 2 POLEWALI.
Susongko, P., Hidayati, F., & Isnani. (2020). Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti. E-Journal Ups, 4(januari 2020), 1–11.
g Outcomes. Springer International Handbook of Education.
Fu‘adah, H. (2017). Pengembangan Alat Evaluasi Literasi Sains untuk Mengukur Kemampuan Literasi Sains Siswa Bertema