Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak narasi yang ditulis dengan baik terhadap hasil belajar dan berpikir kritis siswa. Sampel penelitian berjumlah enam puluh siswa kelas VII B dan VII B MTs Al-Ikhlas Losari. Pendekatan Purposive Sampling digunakan dalam pemilihan sampel penelitian ini. Nonequivalent Control Group Design merupakan jenis desain penelitian yang digunakan. Pertanyaan digunakan sebagai instrumen untuk mengukur pemikiran kritis dan prestasi belajar siswa. Dengan menggunakan SPSS 25.0 for Windows, uji One Way ANOVA digunakan untuk analisis dalam penelitian ini. Siswa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,62 sesuai temuan penelitian. Dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol yang memiliki rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,28, kelompok ini memperoleh nilai lebih tinggi. Hasil observasi menunjukkan terdapat perbedaan persentase antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 51% mengenai tingkat keefektifan prestasi belajar. Temuan tersebut selanjutnya didukung dengan uji hipotesis yang menunjukkan bahwa Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa alur cerita artikulasi berpengaruh efektif terhadap kemampuan siswa.

Keywords

Articulate Storyline Berpikir Kritis Efektivitas

Article Details

References

  1. E. Pristy Afifah, Y. Setiawan, and U. Kristen Satya Wacana, “EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA,” 2019.
  2. F. D. K. W. D. ,& R. R. Supeno, “Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Ipa Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Literasi Sains,” 2022. doi: https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.2643.
  3. I. Dewa, P. L. Parlin, H. Iswanto, and A. Setyo Budi, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KVISOFT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI MEDAN MAGNET,” Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, vol. IV, pp. 135–140, 2015, [Online]. Available: http://snf-unj.ac.id/kumpulan-prosiding/snf2015/
  4. J. Jamaluddin, A. W. Jufri, M. Muhlis, and I. Bachtiar, “Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di SMP,” Jurnal Pijar Mipa, vol. 15, no. 1, pp. 13–19, Jan. 2020, doi: 10.29303/jpm.v15i1.1296.
  5. M. , & K. S. Brownie, Pemikiran kritis: Panduan untuk mengajukan dan menjawab pertanyaan kritis. Jakarta: PT. Indeks, 2015.
  6. M. Yakob, Saiman, Sofiyan, R. P. Sari, and R. A. Z. El Islami, “The effectiveness of science experiment through multimedia teaching materials to improve students’ critical thinking,” in Journal of Physics: Conference Series, Institute of Physics Publishing, Jul. 2020. doi: 10.1088/1742-6596/1567/4/042018.
  7. N. Aisyah et al., “Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) dengan Permainan Teka-Teki Silang (TTS) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik,” 2019. [Online]. Available: http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala
  8. N. S. Sukmadinata, Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
  9. S. Kim, K. Song, B. Lockee, and J. Burton, Gamification in Learning and Education: Enjoy Learning Like Gaming. in Advances in Game-Based Learning. Springer International Publishing, 2018. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=y5bDwQEACAAJ
  10. S. Suryabrata, Metode penelitian. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada, 2014.
  11. S. Zulaeha, D. Lestari, and L. Roesdiana, “ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI HIMPUNAN.”
  12. W. S. Winkel, Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi., 2007.
  13. Y. Indarta, N. Jalinus, W. Waskito, A. D. Samala, A. R. Riyanda, and N. H. Adi, “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0,” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, vol. 4, no. 2, pp. 3011–3024, Mar. 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i2.2589.
  14. Zulhelmi, Adlim, and Mahidin, “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA,” 2017. [Online]. Available: http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi