Pengembangan Media Pembelajaran “Circulatory Bottle” untuk Meningkatkan Kapabilitas Keterampilan Proses Sains Pada Siswa SMP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar didik dalam menggunakan alat peraga sistem peredaran darah, dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran yang diujikan sebagai alat peraga yang layak digunakan. Rancangan penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non ekuivalen . Penelitian ini dilakukan di SMPN 32 Surabaya dengan kelas ekperimen VIII D. Data respon peserta diperoleh melalui angket dengan menggunakan pre-test , pre-test , dan soal instrumen keterampilan proses sains (KPS). Hasil analisis data diperoleh rata-rata pre-test 37,5 dan post test 85, sedangkan pada hasil analisis KPS dengan sebelas instrumen keterampilan yang diperoleh kategori cukup untuk implementasi dalam kegiatan pembelajaran.
Article Details
References
Anidityas, N. A., Utami, N.R & Widiyaningrum P. 2012. Penggunaan Alat Peraga Sistem Pernapasan Manusia pada Kualitas Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Unnes Science Education Journal, vol. 1 (2).
Cahyo H., Ayu F., Kundharu S. (2019). How is the Student’s Negotiation Text in Collaborative Learning of Flipped Classroom and a CyberLink Power Director Media Apps. Ingénierie des Systèmes d’Information Vol. 24, No. 6, December, 2019, pp. 559-567
Hadiana, La Rosiani. (2011). Pengaruh pendekatan Keterampilan Proses Sains terhadap hasil belajar biologi Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah
Hasanah, F., Putra, P. D. A., & Rusdianto (2022). Identifikasi Kemampuan Siswa Smp Dalam Berargumentasi Melalui Pendekatan Pembelajaran Science , Technology , Engineering , And Mathematics ( Stem ). 3(1), 1–9.
Ningsih, D.U., Slamet, S. dan Bowo, S. 2011. Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X-8 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Jurnal Pendidikan Biologi 3(2): 55-64.
Rustaman, N.Y, S. Dirdjosoemarto, S.A.Yudianto, M.N.Kusumastuti, Rochintaniawati., D. Achmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang. UM Press : Malang.
Sudjana, N. 2011. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.