Kesiapan Bahan Ajar Guru IPA SMP Negeri di Kurikulum Merdeka
Main Article Content
Abstract
Setiap terjadi perubahan kurikulum, guru harus mampu beradaptasi mulai dari prinsip pembelajaran sampai proses asesmen agar implementasi kurikulum dapat berjalan optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan guru IPA mengenai bahan ajar di kurikulum merdeka serta kendala dalam pelaksanaan pembelajaran IPA di kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan wawancara pada empat guru IPA SMP Negeri Kecamtan Jatibarang. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek yang diteliti adalah kesiapan guru IPA mengenai bahan ajar di kurikulum merdeka. Hasil penelitian menyatakan belum semua guru sepenuhnya siap terutama dalam meyiapkan bahan ajar berupa alat evaluasi yang bersifat HOTS. Begitupun dengan penggunaan media interaktif yang belum optimal dikarenakan prasarana sekolah yang kurang memadai dan beberapa guru usia lanjut mengaku sedikit kesulitan beradaptasi dalam perubahan pembelajaran di era teknologi digital. Beberapa kendala juga dihadapi oleh para guru diantaranya penguasaan ataupun akses dari aplikasi merdeka.
Article Details
References
Al Fatih, M., Alfieridho, A., Sembiring, F. M., & Fadilla, H. (2022). Pengembangan kurikulum pembelajaran implementasinya di SD Terpadu Muhammadiyah 36. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 421-427.
Arief (2005). Media Pembelajaran. Bandung
Fembriani. (2022). Analysis Of The Implementation Online Science Learning. 3(02), 100–106.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA ( The Programme For International Student Assesment ): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini ). 04(1), 30–41.
Ibrahim, B., Pranantah, P. S., & Isjoni, M. Y. R. (2021). Pelatihan Perangkat Pembelajaran Abad 21 Berbasis Merdeka Belajar Pada Guru IPS 21st Century Learning Equipment Training Based On Independent Learning On Ips Teacher. 1(2), 67–73.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Modul Asesmen Formatif dan Sumatif. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020.
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Utami Maulida. 5(2), 130–138.
Phafiandita, A. N., & Permadani, A. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. 3(2), 111–121.
Raco, J.R (2010). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Grasindo
Rahimah, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebing tinggi Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan Pendampingan r2Tahun Ajaran 2021/2022. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 6 (1): 92-106.
Sari, S. Y., Sundari, P. D., & Jhora, F. U. (2020). Studi Hasil Bimbingan Teknis Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad-21 dalam Rangka Penerapan Program Merdeka Belajar JEP Volume 4 Nomor 2 November 2020 Page 189-196. 4 (November).
Suryani, S., & Nadia, N. (2022). Peran Media Video Animasi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Gizi Ibu Hamil. Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT), 2(1), 37-47.
Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “merdeka belajar” dalam pandangan filsafat konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120-133.