Media Animasi Powerpoint Interaktif terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Medan Magnet Kelas IX SMP

Main Article Content

Wuryanto Bambang Rujito
Muriani Nur Hayati
Yuni Arfiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mengetahui tingkat efektivitas penggunaan media animasi powerpoint interaktif medan magnet di sekitar solenoida terhadap hasil belajar peserta didik, (2) mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran powerpoint interaktif medan magnet di sekitar solenoida. Jenis penelitian eksperimen dengan quasi experimental design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMPN 1 Losari Brebes tahun ajaran 2022/2023. Adapun sampel penelitiannya yakni kelas IX I sebagai kelas eksperimen dan kelas IX J sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes (soal pretest dan posttest) dan non tes (angket motivasi). Pengujiannya menggunakan microsoft excel dan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran animasi powerpoint pada materi kemagnetan kelas IX SMP cukup efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Diperoleh nilai persentase N-Gain 74,55% dan ketuntasan klasikal sebesar 93,75%. Respon siswa terhadap pembelajaran pada kelas yang menggunakan media animasi powerpoint interaktif lebih tinggi yaitu sebesar 81% dengan kategori sangat positif daripada kelas yang tanpa menggunakan media animasi powerpoint interaktif sebesar 73 % dengan kategori positif.

Article Details

Section
Articles

References

Budianti, Y. 2023. Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 7, 127–136.
Dapitra, Azhim, Popiyanto Yudha, dan Suryadi, Savitri. 2022. Pengaruh Pemanfaatan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup Dan Ekosistem Siswa Kelas V Sd Raden Patah Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora 1(9), 1-8.
Faizzah, U. N., Indrawati, & Budiarso, A. S. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 7(1), 1–8. https://doi.org/10.24905/psej.v7i1.133
Fajar, D. M., Rohmatini, G. W., & Hasanah, R. 2022. Pengembangan Game Edukasi Aturan Tangan Kanan pada Materi Kemagnetan Menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator untuk Peserta didik SMP / MTs. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 268-579.
Hertiavi, M. A., & Kesaulya, N. 2020. Peer Teaching sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Program Sarjana Pendidikan Fisika. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 5(1), 28–34. https://doi.org/10.24905/psej.v5i1.17
Historia, F., Rahmawati, B. F., & Hadi, M. S. 2020. Penggunaan media interaktif power point dalam pembelajaran daring 1. 4, 60–67.
Mira et al. 2022. Penerapan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. 5(1), 41–44.
Mulyasa, H. E. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rohmawati, A. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.
.
Suharsimi,A. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Salsabila, Farah Putri, dan Pranata, Khavisa. 2022. Pengaruh Media Power Point Interaktif Berbasis Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 8(4), 1124–1132Susongko, P. 2016. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Tegal: Badan Penerbitan Universitas Pancasakti.
Palupi, Dikha Rizki, Fatkhurrohman, M. A, dan Arfiani, Yuni. 2022. Implementasi LKPD IPA Berbasis Model Pembelajaran Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti. 6, 25–31.
Putri, H. P. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(6), 3538–3543.
Widayat, W., Kasmui, & Sukaesih, S. 2014. Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Ipa Terpadu Pada Tema Sistem Gerak Pada Manusia, 3(2), 535–541.
Widiyanto, B. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Dengan Media Miniatur Untuk Peningkatan Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar. Jurnal Bidayatuna Vol. 03 1-22.
Yonelda, Yulia, Fathurrohman, M. A, dan Hayati, M. N. 2022. Pengaruh Discovery Learning Dengan Mind Mapping Berbantuan Google Meet Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti 6(1), 10–17.