Pembuatan Game Mokshapa Tamu Menggunakan Adobe Animate pada Materi Tata Surya SMP
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk, (1) Mengetahui kevalidan media pembelajaran game mokshapa tamu materi Tata Surya SMP. (2) Mengetahui respon siswa terhadap media yang sedang dikembangkan pada materi tata surya. Jenis pada penelitian ini Research and Develompment (R&D) dengan desain penelitian Borg and Gall. Hasil penelitian menunjukan (1) hasil dari penilaian ahli media mendapatkan kategori Sangat Valid dengan kelayakan sebesar 89,16 %, hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan kategori Sangat Valid dengan kelayakan 96,31 %, hasil validasi soal mendapatkan kategori Sangat Valid dengan kelayakan sebesar 98,03 %. (2) hasil respon siswa dari pengujian awal memperoleh rata-rata nilai sebesar 81,56 % dengan kategori Positif. Respon siswa dari pengujian utama memperoleh rata-rata nilai sebesar 79,58 % dengan kategori Positif. Penilaian keseluruhan kelayakan sebesar 80,92 % dengan kategori Sangat Valid.
Article Details
References
Fatkhomi, F. Arfiani, Y. 2021. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif berbasis Flash pada Pembelajaran Fisika. 6(2), 102–108.
Fatmala, D., & Yelianti, U. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Materi Plantae Untuk Siswa SMA Menggunakan Eclipse Galileo. 2(1).
Khasanah, I., Astuti, R. K., & Fatkhurrohman, M. A. 2018. Penggunaan alat peraga gerhana bulan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kersana. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 2(1), 38–42.
Limantara, D., Heru, Waluyanto, D., & Zacky, A. 2015. Perancangan Board game Untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Moral Pada Remaja. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna, 1(6), 78547.
Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline
Pada Materi Sistem Tata Surya SMP. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 17–27.
Pradana, R. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Uji Makanan Menggunakan Adobe Flash Profesional CS5.
Prathama, G. H., Ary Esta Dewi Wirastuti, N. M., & Divayana, Y. 2019. Analisa Penggunaan WebRTC dan Websocket pada Real Time Multiplayer Online Game Tradisional Ceki. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 18(1), 47.
Rohmah, B. N. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukatif Fun Spreadsheet Quiz Berbasis Adobe Flash Cs6 Pada Mata Pelajaran Spreadsheet Kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017.
Sari, L. P., Patimah, S., & Yusandika, A. D. 2019. Pengembangan Scrapbook Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 270–276.
Shavab, O. A. K. 2020. Literasi Digital Melalui Pemanfaatan Media. Jurnal Sejarah Dan Budaya, Vol. 14, N, hlm. 142-152.
Shofilia Branchais, H. R. A. 2018. Validitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Gejala Pemanasan Global Kelas XI SMA. 07(02), 143–148.
Surbakti, K. 2017. Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Jurnal Curere, 1(1), 29.
Zulfah, H., Aznam, N., & Article, H. 2018. Development of Natural Sciences Module with Reflective Learning Journal to Enhance Student’s Reporting-Interpretative Skills. 10(1), 362–368.