Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Mata Pelajaran IPA di Sekolah Penggerak Kota Tegal

Main Article Content

Farah Ghina Shafa Athaya
Purwo Susongko
Muriani Nur Hayati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: (1) problematika perencanaan proses pembelajaran kurikulum merdeka di Sekolah Penggerak Kota Tegal pada mata pelajaran IPA, (2) problematika implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak Kota Tegal pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tegal dan SMP THHK Tegal. Penelitian ini mengambil 4 responden yang terdiri dari waka kurikulum dan guru pendidikan IPA. Dalam pengambilan data digunakan teknik wawancara, observasi di lapangan serta dokumentasi. Hasil penelitian meliputi: (1) Guru menghadapi tantangan perubahan Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka: mengubah mindset, adaptasi perangkat ajar, waktu terbatas, belajar TIK, dan membuat assessment diagnostik. Diperlukan peningkatan keterampilan dan fleksibilitas untuk pembelajaran efektif bagi siswa. (2) Siswa malas mengerjakan soal-soal IPA, guru kesulitan berkomunikasi di media sosial, tetapi berusaha menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik siswa dan menciptakan lingkungan inklusif untuk hasil belajar IPA yang lebih baik.

Article Details

Section
Articles

References

Afnil, G. (2009). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang Guru Dosen. Jakarta: Asa Mandiri.

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.

Anggito. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV.Jejak.

Jamila, Ahdar, & Natsir, E. (2021). Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. L Ma’ Arief: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2), 101–110. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/ALMAARIEF/article/view/2346

Kemendikbudristek. (2022). Retrieved January 29 , 2023, from https://s.id/Kepmen-Kur-Mer

Kemendikbudristek. (2022, Febuary 11). Retrieved January 23, 2023, from https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka

Khotimah, K., & Darwati, S. (2020). ASPEK-ASPEK DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN.

Sa’bani, F. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP melalui Kegiatan Pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosari. JURNAL PENDIDIKAN MADRASAH: (Journal of Madrasah Education), 2(1), 13–22. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/view/1429%0Ainternal-pdf://0.0.2.29/1429.html

Sari, I. K., & Pifianti, A. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase A Pada Tema Bhineka Tunggal Ika. 0, 138–147.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Wati, E., Harahap, R. D., & Safitri, I. (2022). Analisis Karakter Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5994–6004. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2953

Zuhdan, K. P. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. In Program Pascasarjana UNY.