Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Lesson Study Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Peserta Didik

Main Article Content

Suci Wahyuningsih
M. Aji Fatkurrohman
Muriani Nur Hayati

Abstract

Tujuan riset ini untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar dengan model pembelajaran group investigation berbasis lesson study dengan pembelajaran ekspositori dan (2) motivasi belajar peserta didik dengan model pembelajaran group investigation berbasis lesson study. Jenis dari penelitian adalah penelitian quasi eksperimen dengan design pretest-posttest control group. Sampel diambil dengan purposive sampling Menggunakan instrumen berupa soal dan angket motivasi peserta didik. Analisis data yang dilakukan yaitu uji independent t-test dan uji N-Gain. Penelitian ini menujukan hasil bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar dibuktikan dengan perolehan nilai uji-t sebesar 0,000 dan tingkat efektivitas model pembelajaran group investigation berbasis lesson study cukup efektif dengan perolehan N-Gain sebesar 64,55 dan (2) motivasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen ditunjukkan nilai rata-rata 82,75 termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diketahui jika model pembelajaran  investigation berbasis lesson study berpengaruh terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik.

Article Details

Section
Articles

References

Anggis, E. V. (2017). Penerapan Model Kooperatif Jigsaw Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. VIII(1), 83-88.
Aryana, I. M. P. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61.
Dewi, R. P., Iswari, R. S., Susanti, R., & Supriyanto. (2012). Penerapan Model Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Materi Bahan Kimia Di Smp. Unnes Science Education Journal, 1(2), 279–286.
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5, 88–105.
Eva, R. (2016). Pengaruh aplikasi model ASSURE terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Geografi. Jurnal Geografi Gea, 15(2).
Hayati, D. K. (2017). Pengembangan Buku Ajar Konsep Dasar IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 151–167.
Hutagol, R. E. D., & Harahap, M. H. (2018). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Semester I Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Di Sma Negeri 3 Medan T.P. 2017/2018. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 6(1).
Kurniasih, Imas., dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2010). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar. EDUKATIF?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286.
Putra, P. G. N., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbasis Lesson Study Terhadap Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 84.
Putu, N., Ratna, S., & Wibawa, I. M. C. (2017). Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation berbasis Lesson Study. 2005, 869–875.
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung Alfabeta
Sulasti, N. W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran PKn Di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sawan Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 53(9), 1689–1699.
Wahyutiani, R., Mulyaningtiyas, T., Satria Kurniawan, A., Hidayati Rachmat, S., & Muji Santoso, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 5 Kediri pada Mata Pelajaran Biologi dengan Strategi Pembelajaran Group Investigation Berbasis Lesson Study. Prosiding Seminar Nasional VI Hayati 2018, September, 431–435.
Warti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185.
Widiasari, N. K. R., & Sumantri, M. (2020). Kooperatif Tipe Group Investigation Melalui Setting Lesson Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 143.
Widyanto, P. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Flanelgraf Untuk. 3, 118–129.
Wiratana, I. K., Sadia, I. W., & Suma, K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) Terhadap Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Sains Siswa Smp. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 3(2), 1–12.