Main Article Content
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui respon guru IPA terhadap penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM), serta untuk mengetahui dukungan PMM terhadap kompetensi profesional guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di beberapa SMP di Kota Tegal. Pada penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Penelitian ini melibatkan 7 sekolah, dengan menggunakan teknik purposive sampling dalam memilih sampel. Data diperoleh melalui kuesioner dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan metode analisis data miles dan hubner. Hasilnya menunjukkan bahwa mayoritas guru merespons secara positif terhadap PMM, menganggapnya efektif dalam membantu menguasai materi, standar kompetensi, mengembangkan materi pembelajaran kreatif, mengembangkan profesionalisme dengan refleksi, serta memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pengembangan diri. Namun, terdapat beberapa aspek yang perlu perbaikan, seperti absennya fitur "search" dan keterbatasan ketersediaan hanya di Play Store. Penelitian ini menyimpulkan bahwa PMM memiliki dampak positif dalam mendukung kompetensi profesional guru IPA, meskipun perlu optimalisasi guna memenuhi kebutuhan luas para guru serta memperbaiki beberapa aspek spesifik dalam kompetensi profesional mereka.
Keywords
Article Details
References
- Aryzona, Eva Fahriani, Asrin Asrin, and Muhammad Syazali. 2023. “Analisis Kompetensi Guru Dan Desain Pembelajaran Dalam Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Sesuai Kurikulum Merdeka SD Negeri 1 Jantuk Tahun Pelajaran 2022-2023.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8(1): 424–32.
- Bagou Yulmasita, Dewi, and Arifin Suking. 2020. “Analisis Kompetensi Profesional Guru.” Jambura Journal of Educational Management 3(1): 122–30.
- Budiarti, Nur Isnaini. 2022. “Merdeka Mengajar Platform As A Support For The Quality Of Mathematics Learning.” Jurnal Matematika dan Pembelajaran 10(1): 13–25.