Penggunaan Platform Merdeka Mengajar dalam Mendukung Kompetensi Guru IPA

Main Article Content

Iskandar Zulkarnaen
Yuni Arfiani
Bayu Widiyanto

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui respon guru IPA terhadap penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM), serta untuk mengetahui dukungan PMM terhadap kompetensi profesional guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di beberapa SMP di Kota Tegal. Pada penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Penelitian ini melibatkan 7 sekolah, dengan menggunakan teknik purposive sampling dalam memilih sampel. Data diperoleh melalui kuesioner dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan metode analisis data miles dan hubner. Hasilnya menunjukkan bahwa mayoritas guru merespons secara positif terhadap PMM, menganggapnya efektif dalam membantu menguasai materi, standar kompetensi, mengembangkan materi pembelajaran kreatif, mengembangkan profesionalisme dengan refleksi, serta memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pengembangan diri. Namun, terdapat beberapa aspek yang perlu perbaikan, seperti absennya fitur "search" dan keterbatasan ketersediaan hanya di Play Store. Penelitian ini menyimpulkan bahwa PMM memiliki dampak positif dalam mendukung kompetensi profesional guru IPA, meskipun perlu optimalisasi guna memenuhi kebutuhan luas para guru serta memperbaiki beberapa aspek spesifik dalam kompetensi profesional mereka.


 

Article Details

Section
Articles

References

Aryzona, Eva Fahriani, Asrin Asrin, and Muhammad Syazali. 2023. “Analisis Kompetensi Guru Dan Desain Pembelajaran Dalam Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Sesuai Kurikulum Merdeka SD Negeri 1 Jantuk Tahun Pelajaran 2022-2023.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8(1): 424–32.

Bagou Yulmasita, Dewi, and Arifin Suking. 2020. “Analisis Kompetensi Profesional Guru.” Jambura Journal of Educational Management 3(1): 122–30.

Budiarti, Nur Isnaini. 2022. “Merdeka Mengajar Platform As A Support For The Quality Of Mathematics Learning.” Jurnal Matematika dan Pembelajaran 10(1): 13–25.

Cahyaningtyas, Rahma Anindita, Muriani Nur Hayati, and Bayu Widiyanto. 2023. “Pengaruh Penggunaan Mobile Learning Berbasis Website Terhadap Kemampuan Literasi Sains Materi Sistem Tata Surya Pendidikan Memegang Peranan Yang Sangat Penting Dalam Peningkatan Sumber Daya Manusia Dan Pendidikan Merupakan Sebuah Proses Kegiatan Yang Dise.” : 137–45.

Ditendik. 2008. “Kompetensi Penelitian Dan Pengembangan, Pengawas Sekolah Pendidikan Dasar Dan Menengah.”

Ilyas, Ilyas. 2022. “Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru.” Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 2(1): 34–40.

Indonesia, Redaksi Sinar Grafika. 2005. Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN. Sinar Grafika.

Kemdikbud-Ristekdikti. 2022. “Buku Saku Platform Merdeka Mengajar.” : 1–12.

Kemdikbud. 2022. “Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab.” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: 1–50.

Riti, Yosefina Finsensia, and Lucia Ina Trisyanti. 2022. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Merdeka Mengajar Bagi Guru- Guru TK Citra Bangsa Training on Using the Merdeka Teaching Application for Citra Bangsa Kindergarten Teachers.” 2(November): 48–52.

Sari, Ayu Silvi Lisvian, Cicik Pramesti, Suliana, and Riki Suliana. 2022. “Sosialisasi Platform Merdeka Mengajar Sebagai Wadah Belajar Dan Berkreasi Guru.” Jurnal Penamas Adi Buana 6(01): 63–72. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/penamas.

Sennen, Eliterius. 2017. “Problematika Kompetensi Dan Profesionalisme Guru.” Prosiding seminar nasional himpunan Dosen PGSD Wilayah IV: 16–21.

Sujianto. 2013. “Pengembangan Profesionalitas Berkelanjutan/Continuing Professionality Development (CPD) Guru Bersertifikat Pendidik Di SMK Rumpun Teknologi Se-Malang Raya.” Jurnal Pendidikan Sains Volume 1(Juni 2013): 159–70.

Tedjokoesoemo, Purnama, Poppy Nilasari, and Sriti Sari. 2022. “Addressing the Independent Learning Curriculum (Kurikulum Merdeka Belajar) as a Form of Positive Disruption to Empower the Community.” : 167–76.

Triscova, Valentina, Febrizka Alya Rahma, and Ajeng Aura Nurlillahi. 2022. “PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR.” 1(Desember): 75–82.

Udil, Patrisius Afrisno. 2021. “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Untuk Publikasi Pada Jurnal IIlmiah.” Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat 2(1): 21–27.

Zulkarnaen, Zulkarnaen, Nurul Fitriyah Sulaeman, Atin Nuryadin, and Ippei Mineta. 2023. “Behavior toward Energy: An Exploration of High School Students’ Perspective in Indonesia.” International Journal of Evaluation and Research in Education 12(1): 69–75.