Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini membandingkan efektivitas model PJBL terintegrasi diferensiasi proses dan produk dengan model PJBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan rancangan control group pretest and posttest. Populasi penelitian yakni siswa kelas VIII. Purposive sampling digunakan untuk pemilihan sampel. Angket gaya belajar, tes kemampuan berpikir kreatif, dan lembar observasi dipergunakan sebagai instrumen penelitian. Pendekatan analisis data mencakup uji: prasyarat (normalitas serta homogenitas), dan efektivitas N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model PJBL  terintegrasi diferensiasi proses dan produk memiliki efektivitas lebih baik dibandingkan model PJBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa yakni dengan perolehan rerata presentase N-Gain masing-masing sebesar 70% dan 57%. Keduanya sama-sama berada pada kategori “cukup efektif”. Hasil observasi memperlihatkan penerapan model PJBL terintegrasi diferensiasi proses dan produk mencapai  rata-rata sebesar 85% (sangat kreatif), sementara penerapan model PJBL hanya memperoleh 75% (kreatif).

Keywords

PjBL Diferensiasi Berpikir Kreatif

Article Details

References

  1. Angreini, W., & Purnomo, T. (2024). Integrasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Biosfer: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi. https://journal.unpas.ac.id/index.php/biosfer/article/view/13933
  2. Anwar, G. M., Nadeem, M., Aness, M., Khizar, A., & Naseer, M. (2009). Relationship of Creative Thinking with the Academic Archivments of Periódico Tchê Química. ISSN 2179-0302.(2020); vol. 17 (n 34) students and its …. In Int. J. Teach. Learn. High ….
  3. Avivi, A. A., Pramadhitta, A. D., Rahayu, F.F., Saptriana, M., & Salamah, A.U. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Project Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Kelas X pada Materi Bioteknologi. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora. https://ejournal.penerbitjurnal.com/index.php/humaniora/article/view/336
  4. Awang, H., & Ramly, I. (2008). Creative thinking skill approach through problem-based learning: Pedagogy and practice in the engineering classroom. In International Journal of Educational and Pedagogical …. Citeseer. https://citeseerx.ist.psu.edu/document?repid=rep1&type=pdf&doi=c54c936436e2ee1f38b241181ed996f2a67e86f9
  5. Bancin, R., Sholeh, M., & Nasution, F. (2023). Hubungan Strategi Pembelajaran Dengan Kemampuan Pelajar Luar Biasa. ALFIHRIS: Jurnal Jurnal Inspirasi Pendidikan. https://ejurnalqarnain.stisnq.ac.id/index.php/ALFIHRIS/article/view/133
  6. Febriani, F. (2023). Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswapada Sekolah Penggerak SMP Al Azhar Syifa Budi Cibinong-Bogor. repository.ptiq.ac.id. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/952/
  7. Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran Ipa. In Jurnal Filsafat Indonesia. ejournal.undiksha.ac.id. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/download/41249/25699
  8. GII database. (2023). Global Innovation Index Indonesia 2022. The Global Economy.
  9. Lema, Y., Nurwahyunani, A., Hayat, M. S., & Rachmawati, F. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model PJBL Materi Bioteknologi Untuk Mengembangkan Ketrampilan Kreativitas Dan Inovasi Siswa SMP. Innovative: Journal Of Social Science Research. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2798
  10. Lucas, G. (2005). The George Lucas Educational Foundation: 2005. In Instructional Module ProjectBased Learning.
  11. Panjaitan, S. M. (2020). Kontekstual Humanistik. 01(02), 68–77.
  12. Prafitasari, A. N. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Proses dengan Problem Based Learning pada Pembelajaran Biologi. National Multidisciplinary Science .http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/nms/article/view/489
  13. Purwanti, Hayat, M. S., Rita, E., & Roshayanti, F. (2024). Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMPN 1 Jumo dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 16(1), 17–24. https://doi.org/10.30599/jti.v16i1.304
  14. Puspita, R. D., Paksi, H. P., & Sutaji, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi (Gaya Belajar) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPAS Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Sukowati Kapas Bojonegoro. Journal on Education, 6(1), 871–885. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3006
  15. Rachmawati, A. Y., Arfiani, Y., Febriana, I., & Suyono, S. (2024). Best Practices Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Student Engagement pada Pembelajaran IPA. Jurnal Program Pendidikan Profesi Guru. https://jproppg.upstegal.ac.id/index.php/JPRO/article/view/54
  16. Raharjo, S. (2019). Cara Menghitung N-Gain Score Kelas Eksperimen dan Kontrol dengan SPSS. In SPSS Indonesia.
  17. Rahma, A. A., Widiyanto, B., & Wakhmad (2024). Pemanfaatan Canva dalam Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Digital Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (PPG). https://semnas.upstegal.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/887
  18. Santos, S., Coutinho, D., Gonçalves, B., & Scholhorn, W. (2018). Differential learning as a key training approach to improve creative and tactical behavior in soccer. … Quarterly for Exercise …. https://doi.org/10.1080/02701367.2017.1412063
  19. Sinta, M., Sakdiah, H., Novita, N., Ginting , F.W., & Syafrizal, F. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hukum Gravitasi Newton di MAS Jabal Nur. Phi: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapan. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/jurnalphi/article/view/14546
  20. Syaifudin, S. (2020). vrba Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Cross-Border. http://www.journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/553
  21. Tomlinson, C. A. (2000). Differentiation of Instruction in the Elementary Grades. ERIC Digest. ERIC. https://eric.ed.gov/?id=ED443572
  22. Torrance, E. P. (1969). Creativity Research and Higher Education. ERIC. https://eric.ed.gov/?id=ED037160
  23. Wijayanti, H. M. S., Hayati, M. N., & Widiyanto, B. (2022). Implementasi Lembar Kerja Peserta Didik berbantuan Kliping berbasis Project Based Learning terhadap Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa. Prosiding Seminar Nasional. https://semnas.upstegal.ac.id/index.php/senapipa/article/view/358