Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi perbaikan penerapan model discovery learning pada pembelajaran IPA di kelas VII E SMP N 3 Banguntapan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan strategi yang terdiri dari siklus yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 3 Banguntapan secara terbatas kepada 28 peserta didik kelas VII E. Teknik analisis peningkatan rasa ingin tahu peserta didik menggunakan analisis kualitatif. Peningkatan skor rasa ingin tahu peserta didik diuji menggunakan selisih skor setelah tindakan terhadap skor sebelum tindakan dengan indikator keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tercapainya persentase rasa ingin tahu peserta didik sebesar 75%. Hasil penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran model discovery learning dapat meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik kelas VII E SMP N 3 Banguntapan. Setelah penerapan model discovery learning pada siklus I berjalan belum efektif yang ditandai dengan nilai ketuntasan sebesar 14,29% yang kemudian dilanjutkan pada siklus II dengan nilai ketuntasan kelas mencapai angka 85,71%. Tidak hanya itu dari siklus I ke siklus II juga terdapat peningkatan rasa ingin tahu dari siklus I sebesar 57,98% dengan kategori kurang ke siklus II menjadi 77,98% dengan kategori baik
Keywords
Article Details
References
- Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
- Fauzi A R, Zainuddin., dan Atok R.Al., (2017), Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning, Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS P-ISSN 2503-1201 | E-ISSN 2503-5307 © FIS, Universitas Negeri Malang 2017 http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/ diunduh tanggal 28 Mei 2023
- Hadi, Permata. (2010). Kamu Bisa Jadi Ilmuan. Jakarta: Nobel Edumedia
- Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum
- Oktavioni, Winda. 2020. meningkatkan rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran IPA melalui model discovery learning pada siswa kelas V SD Negeri 186/1 Sridadi. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research ISSN 2722-5070(Print) ISSN 2722-5275(Online)Vol.1 No.2 Desember 2020. Universitas Jambi.
- Purwanto. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.
- Wibowo, A., & Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Widdiharto, Rachmadi. 2004. Model-Model Pembelajaran Matematika Smp, (Online), (Diakses pada 29 Mei 2023)
- Winarni, E W, 2018a. Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bengkulu: FKIP UNI Press. ISBN 978-602-8043-73-1.
- Winarni, E.W; Purwandari, E.P; Lusa, H; and Dadi, S., (2018), The Impact of Thematic Learning Integrated ICT in Tabot Bengkulu As Cultural Ceremony Toward Social Interaction Knowledge in Elementary School. Asian Journal of Education and Training 4.2 (2018): 70-74.