Main Article Content

Abstract

Asesmen diberikan dalam rangka mengukur kemampuan peserta didik terhadap pembelajaran berdiferensiasi yang telah diberikan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan asesmen dan media penyajian asesmen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menyajikan cerita dari pengalaman guru di SMP Negeri 1 Tegal terhadap penerapan asesmen pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPA. Responden dari penelitian ini terdiri dari 3 guru mata pelajaran IPA dan 9 peserta didik. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk implementasi dari asesmen pada diferensiasi konten, proses, maupun produk dapat berupa asesmen lisan, tertulis, maupun penugasan/proyek. Kemudian dalam menyajikan asesmen terdapat dua media penyajian asesmen yang biasa digunakan oleh guru yakni menggunakan paper based dan digitalisasi asesmen. Sebagai saran terhadap penelitian ini yakni dengan adanya penelitian lebih lanjut terkait dengan penerapan asesmen pembelajaran IPA berdiferensiasi.

Keywords

Asesmen IPA Kurikulum Merdeka Belajar Pembelajaran Berdiferensiasi Sekolah Penggerak

Article Details

References

  1. Adawiyah, S. R., Haolani, A., & Mandalika, U. P. (2021). Kajian Teoritis Penerapan Self-Assessment Sebagai Alternatif Asesmen Formatif Di Masa Pembelajaran Jarak Jauh. 7(3).
  2. Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., & Chotimah, O. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF STUDI PUSTAKA. 6(1), 974–980.
  3. Amalia, K., Rasyad, I., Gunawan, A., & Surabaya, U. N. (2023). Differentiated Learning as Learning Innovation. 5(2), 185–193.
  4. Ayu, G., & Trisna, P. (2023). Efektivitas Asesmen Diagnostik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pelajaran Bahasa Indonesia. 3(3), 433–448.
  5. Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562
  6. Bali, E. N., Ndeot, F., Koten, A. N., & Margiani, K. (2023). PENGELOLAAN ASESMEN DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA SEKOLAH PENGGERAK DI KABUPATEN SUMBA TIMUR NTT. JMM (Jurnal Masyarakat …. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/15183
  7. Csapó, B., & Molnár, G. (2019). Online Diagnostic Assessment in Support of Personalized Teaching and Learning : The eDia System. 10(July). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01522
  8. Fahrurrozi, dkk. (2023). Workshop Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka bagi Guru di SMPN Satu Atap Kecamatan Suela. 1(1), 17–27. http://doi.org/00.0000/notasi.v1i1.xxxx
  9. Faizin, A., & Haerussaleh. (2020). NARRATIVE RESEARCH; A RESEARCH DESIGN. 2, 142–148.
  10. Fauzia, R., & Ramadan, Z. H. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/5323
  11. Gibson, M. (2022). Differentiated Assessments on the Same Topic Can Provide a Better Understanding of a Student’s Level of Learning. 28(2).
  12. Himmah, F., Rufi’i, & Wiyarno, Y. (2023). Pengembangan aplikasi asesmen diagnostik berbasis computer based test (cbt) menggunakan moodle. 8(3), 1022–1032.
  13. Jayanti, S. D., Suprijono, A., & Jacky, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 22 Surabaya. … dan Pembelajaran. http://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/304
  14. Jember, M., Ali, M., Azizah, S. A., & Atikah, I. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Paradigma Baru Pendidikan Sebagai Implementasi. 1, 1–10.
  15. Khoirunnisa, S., Wuryastuti, S., & Suratno, T. (2021). Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar Saat Penggunaan Media Ludo Fauna: Studi Narrative Inquiry Mengenai Hewan di Sekitar. 1(3), 451–459.
  16. Kocimaheni, A. A., Laksono, K., & Nurhadi, D. (2022). LITERASI ASESMEN BAHASA CALON GURU BAHASA JEPANG : 8(1), 19–26.
  17. Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. 1, 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
  18. Maryanti, S., Hartati, S., & Kurniawan, D. T. (2022). Assessment For Learning ( AFL ) Melalui Aplikasi Wordwall Untuk Pembelajaran Biologi Sekolah Menengah oleh Mahasiswa Calon Guru Biologi Assessment For Learning Through The Wordwall Application For High Schools Biology Learning of prospective biology teach. Proceeding Biology Education Conference Volume 19, Nomor 1 Halaman 216-222, 19, 216–222.
  19. Marzuki, I., & Oktarianto, M. L. (2022). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DENGAN PARADIGMA BARU BAGI SEKOLAH PENGGERAK TERKAIT ASESMEN PEMBELAJARAN DI UPT SD NEGERI 211 GRESIK. JURNAL CEMERLANG : Pengabdian pada Masyarakat BARU BAGI SEKOLAH PENGGERAK TERKAIT ASESMEN JURNAL CEMERLANG : Pengabdian pada Masyarakat, 4(2), 300–309.
  20. Maut, W. O. A. (2022). Asesmen Diagnostik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di di SD Negeri 1 Tongkuno Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara. 02(4), 1305–1312.
  21. Murwantini, S. (2023). OPTIMALISASI ASESMEN UNTUK SEKOLAH MENENGAH. STEAM Engineering (Journal of Science, Technology, Education And Mechanical Engineering) p-ISSN 2686-4673, e-ISSN 2686-4517, Artikel 13, pp. 105 – 113, 2023 Volume 4, Nomor 2 OPTIMALISASI, 4(56), 105–113.
  22. Nasution, S. W. (2022). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. 1, 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
  23. Nawati, A., Kurniastuti, D., Kumalasari, I. D., Wulandari, D., & Nisa, F. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. 215–234.
  24. Nuraini, H., Nafisah, I. J., Ahmad, M., & Zulaikha, S. (2022). Refleksi Kepercayaan Kepala Sekolah : Studi Narrative Inquiry Dalam Konteks Kepemimpinan 1 Manajemen Pendidikan , Universitas Negeri Jakarta , Indonesia 2 Manajemen Pendidikan Islam , Sekolah Tinggi Agama Islam ( STAI ) Asshiddiqiyah , Karawang , Indonesi. Jurnal Improvement Vol 09. No 02. Desember 2022 http://doi.org/10.21009/improvement e-ISSN: 2597-8039, 09(02), 1–22.
  25. Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2020). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. JURNAL BASICEDU Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022 Halaman 3639 - 3648 Research & Learning in Elementary Education https://jbasic.org/index.php/basicedu, 3(2), 524–532. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/971
  26. Patilima, S. (2022). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 0(0), 228–236. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1069
  27. Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). INDEPENDENT CURRICULUM AND PLATFORM ANALYSIS FREEDOM TO LEARN TO MAKE IT HAPPEN QUALITY EDUCATION. 8(2), 238–244.
  28. Ra’is, Z., Putra, A., Pratama, C. E., Shandy, M., Pramudito, P., & Fauziyah, N. (2023). Pengembangan Modul Ajar Matematika Berdiferensiasi Berbasis Understanding by Design (UbD). 4, 128–139.
  29. Ramadhani, D. P. (2021). Analisis penerapan asesmen formatif dalam pembelajaran ipa dan fisika: literature review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA. https://jurnallensa.web.id/index.php/lensa/article/view/172
  30. Stai, D., & Blora, M. (2023). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI Volume 2 Nomor 1 Pebruari 2023 Volume 2 Nomor 1 Pebruari 2023. Jurnal Ilmiah Pedagogy PEMBELAJARAN, 2.
  31. Sufyadi, S., Lambas, Rosdiana, T., Rochim, F. A. N., Novrika, S., Iswoyo, S., Hartini, Y., Primadonna, M., & Mahardhika, R. L. (2021). Pembelajaran Dan Asesmen Kompetensi. Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan 2021, 0–45.
  32. Wardhana, K. E. (2022). Meningkatan Kemampuan Berbahasa dengan Bermain Peran pada Anak Usia Dini. 2, 53–62.