Analisis Uji Kelayakan Produk Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Webbed-Case Study

Main Article Content

Muriani Nur Hayati
Yuni Arfiani
Isrotun Ngesti Utami
Bayu Widiyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui uji kelayakan dan kevalidan bahan ajar IPA Terpadu menggunakan model keterpaduan tipe Webbed - Case Study. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R & D model 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap Define, tahap Design, tahap Development, dan tahap Disseminate. Penelitian ini dibatasi hanya pada tahap Develop (pengembangan) saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk bahan ajar IPA Terpadu Tipe Webbed -Case Study layak digunakan dengan skor rerata penilaian 93,83 yang masuk kategori valid, dan 93,23 dengan kategori realibitas sangat baik

Article Details

Section
Articles

References

Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131-142. https://doi.org/10.1177/0013164485451012

Arifin, Samsul, Yunin Hidayati, Ana Yuniasti Retno Wulandari, and Mochammad Ahied. 2019. “Uji Kelayakan Buku Ajar Berbasis Ayat Al-Qur’an Pada Materi Tata Surya.” Natural Science Education Research 2(2):133–39. doi: 10.21107/nser.v2i2.6240.

Irmawati, Ida, Syahmani Syahmani, and Ratna Yulinda. 2021. “Pengembangan Modul IPA Pada Materi Sistem Organ Dan Organisme Berbasis STEM-Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains.” Journal of Mathematics Science and Computer Education 1(2):64. doi: 10.20527/jmscedu.v1i2.4048.

Khery, Yusran, Muhammad Sarjan, Sukainil Ahzan, and Ismail Efendi. 2022. “Konseptualisasi Literasi Sains Mengacu Pada Kerangka Sains Pisa Sejak Tahun 2000.” Educatoria?: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 2(4):200–231. doi: 10.36312/ejiip.v2i4.117.

Mar’atul, Afidah, and Latifah Nurkhasanah. 2019. “Penggunaan Penalaran Pilihan Ganda Tes Untuk Menganalisis Miskonsepsi Pada Materi Fotosintesis Dan Respirasi Tanaman.” Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi 6(1):1–12.

Marwah, Ani Satull, and Faninda Novika Pertiwi. 2024. “Literasi Sains Siswa Dalam Berinovasi Pada Pembelajaran IPA Berbasis Produk.” Jurnal Tadris IPA Indonesia 4(1):114–26. doi: 10.21154/jtii.v4i1.3064.

Ridho, Shofwan, Sri Haryani, and Noor Habibah. 2014. “Pengembangan Modul Ipa Terpadu Model Webbedpada Tema Hama Dan Pestisida.” Unnes Science Education Journal 03(03):609–15.

Waruwu, Marinu. 2024. “Metode Penelitian Dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan Dan Kelebihan.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9(2):1220–30. doi: 10.29303/jipp.v9i2.2141.

Fogarty, Robin (1991). Ten ways to integrate curriculum. Platine Illinois: IRI/ Skylight Publishing, Inc

Familiari, M., K. B. Silva, & G. Raynen. (2013). Scientific Inquiry Skill in First Year Biology: Building on Pre-Teartiary Skill or Back to Basics. InternasionalJournal of Inovation Science and Mathematics Education, 21(2):1-17. Tersedia di http://sydney.edu.au/index. php/CAL/article/view/6447/7488 [diakses 22-1-2017].

Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara.

Hayanah, I.N., S. Hartati& D. Wulandari. (2013). Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan SETS Pada Kelas V. Joyful Learning Journal. Tersedia di http://journal.unnes. ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/2092 [diakses 18-1-2017].

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group
Yin, R. K. (2014). Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Widodo, S. 2010. Evaluasi Dalam Pembelajran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1): 15