Main Article Content

Abstract

Studi ini bertujuan guna mengidentifikasi tingkat efektivitas model pembelajaran STEM-INQUIRY berbantuan E-LKPD dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Studi ini mempergunakan jenis studi quasi experiment melalui desain pretest serta posttest group. Sample studi ini yakni kelas 7G menjadi kelas eksperimen melalui mempergunakan model pembelajaran STEM-INQUIRY berbantuan E-LKPD, seta kelas VII H menjadi kelas kontrol melalui mempergunakan model discovery learning berbantuan E-LKPD. Mempergunakan instrumen tes tertulis berbentuk soal pretest serta posttest , instrumen non-tes berbentuk angket respon siswa, modul ajar, E-LKPD, serta lembar validasi. Penelitian ini memperlihatkan bahwasannya model pembelajaran STEM-INQUIRY berbantuan E-LKPD berada pada tingkatan cukup efektif untuk tingkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi pencemaran lingkungan, dengan persentase N-Gain sebesar 62,4%. Keefektifan ini memperlihatkan bahwasannya integrasi teknologi  seperti E-LKPD yang dipergunakan dalam pembelajaran berdampak positif pada keterampilan siswa dalam mengatasi isu lingkungan yang berorientasi SDGs, dan penggunaan E-LKPD memfasilitasi pembelajaran interaktif serta menarik, mengajak siswa lebih aktif  dalam kegiatan belajar.

Keywords

Efektivitas, Pemecahan Masalah E-LKPD STEM Discovery Learning

Article Details

References

  1. 1. Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Dampak Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri serta Kapabilitas Memecahkan Masalah Kepada Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827
  2. 2. Alfajri, A., Luerdi, L., & Suwignyo, S. (2020). PELATIHAN SERTA PEMBERDAYAAN TUNAS SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) SISWA TINGKAT SMA/MA SEDERAJAT DI KOTA PEKANBARU GUNA MEWUJUDKAN TUJUAN SUSTAINABLE CITIES AND COMMUNITIES SERTA RESPONSIBLE CONSUMPTION AND PRODUCTION. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 3(3), 201–208. https://doi.org/10.36341/jpm.v3i3.1295
  3. 3. Atiaturrahmaniah, A., Aryana, I. B. P., & Suastra, I. W. (2022). Peran model science, technology, engineering, arts, and math (STEAM) guna menaikan berpikir kritis serta literasi sains siswa sekolah dasar. 7(2).
  4. 4. Cahyaningtyas, E., Widiyanto, B., & Kusuma, M. (2019). Penguatan Sikap Peduli Lingkungan Murid melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berbasis Model Problem Base Learning (PBL). Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 13(2), 56–63. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v13i2.208
  5. 5. Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) Guna kapabiliats kenaikan Berpikir Kritis Siswa SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan serta Kebudayaan, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22
  6. 6. Falentina, C. T., Lidinillah, D. A. M., & Mulyana, E. H. (2018). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SD. 5(3).
  7. 7. Ikhwani, P. N., & Kuntjoro, S. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Murid Elektronik (E-LKPD) Berbasis Guided Inquiry pada Materi Perubahan Lingkungan guna Melatihkan Kemahiran Berpikir Kritis Murid Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 597–604. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p597-604
  8. 8. Irmawati, I., Syahmani, S., & Yulinda, R. (2021). Pengembangan Modul IPA Pada Materi Sistem Organ Serta Organisme Berbasis STEM-Inkuiri guna Menaikan Literasi Sains. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 1(2), 64. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i2.4048
  9. 9. Kusuma, E. M. V., Santoso, G., & Wardiningtias, B. D. E. (2023). Dampak Pembelajaran Berbasis Proyek Kepada Kesadaran Lingkungan Sekolah serta Keluarga Guna Menaikan Ketakwaan Kepada Tuhan YME serta Berakhlak Mulia DiKelas. 02(04).
  10. 10. Labobar, J., & Kapojos, S. (2023). LITERASI EKOLOGIS: Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup bagi Siswa SMP Negeri Se-Distrik Sentani. Civics Education and Social Science Journal (CESSJ), 5(2), 94–109. https://doi.org/10.32585/cessj.v5i2.4602
  11. 11. Margot, K. C., & Kettler, T. (2019). Teachers’ perception of STEM integration and education: A systematic literature review. International Journal of STEM Education, 6(1), 2. https://doi.org/10.1186/s40594-018-0151-2
  12. 12. Maryam, Kusmiyati, Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Dampak Model Pembelajaran Inkuiri Kepada Kemahiran Berpikir Kritis Murid. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 206-213.
  13. 13. Mulyasa, H. (2022). Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara.
  14. 14. Nasir, A. M. (2016). Statistik Pendidikan. Media Akademi.
  15. 15. Nurjannah, E., Ayub, S., Doyan, A., & Sahidu, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbantu Media PhET Guna Menaikan Kapabilitas Pemecahan Masalah serta kemahiran Generik Sains Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, serta Geofisika (GeoScienceEd Journal), 2(1). https://doi.org/10.29303/goescienceedu.v2i1.127
  16. 16. Pedaste, J. & Mäeots, M., 2014. Promoting Engagement and Motivation in Science Problem-Solving Through Inquiry-Based Learning. International Journal of Science and Mathematics Education, 12(4), pp. 847-867.
  17. 17. Permana, D. I., Pd, M., Handayani, R., Pd, M., & Arianti, R. (2023). PENGEMBANGAN E-LKPD DENGAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SUBTEMA MANUSIA SERTA LINGKUNGAN BERBASIS LIVEWORKSHEET. 09.
  18. 18. Rahayu, D. (2018). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PEMECAHAN MASALAH MATERI BANGUN DATAR.
  19. 19. Rahman, A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inquiri melalui Pendekatan STEM guna Menaikan Literasi Sains Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Sains serta Pendidikan Indonesia, 7 (1), 7-16.
  20. 20. Rocard, M., Csermely, P., Jorde, D., Lenzen, D., Walberg-Henriksson, H., & Hemmo, V. (2020). Science Education Now: A Renewed Pedagogy for the Future of Europe. Luxembourg: Office for Official Publications of the European Communities.
  21. 21. Ruqoyyah, R., Fatkhurrohman, M. A., & Arfiani, Y. (2020). Implementasi Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Pop-up book Guna Menaikan Kapabilitas Berpikir Kreatif Murid. Jurnal Edukasi Matematika serta Sains, 8(1), 42. https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.6166
  22. 22. Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Usaha Kenaikan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296
  23. 23. Sias, C. M., Nadelson, L. S., Juth, S. M., & Seifert, A. L. (2017). The best laid plans: Educational innovation in elementary teacher generated integrated STEM lesson plans. The Journal of Educational Research, 110(3), 227–238. https://doi.org/10.1080/00220671.2016.1253539
  24. 24. Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.391
  25. 25. Supiyati, H., Hidayati, Y., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2019). ANALISIS KAPABILITAS PEMECAHAN MASALAH SISWA MEMPERGUNAKAN MODEL GUIDED INQUIRY MELALUI PENDEKATAN KEMAHIRAN PROSES SAINS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Natural Science Education Research, 2(1), 59–67. https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.5566
  26. 26. Supriatno, B., Suwandi, T., & Zidan, Z. (2023). Pelatihan Pengembangan Modul Ajar Biologi Bermuatan Kearifan Lokal bagi Guru di Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. 20.
  27. 27. Susongko, P. (2016). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal.
  28. 28. Syaifudin, M. (2022). EFEKTIVITAS E-LKPD BERBASIS STEM GUNA MENUMBUHKAN KEMAHIRAN LITERASI NUMERASI SERTA SAINS PADA PEMBELAJARAN LISTRIK DINAMIS DI SMAN 1 PURBALINGGA. 2.
  29. 29. Syamli, A., Hidayati, T., Takdir, M., Lp, T. P., & Sumenep, M. I. G.-G. (n.d.). Model Pengembangan Sekolah Ramah Lingkungan di Kabupaten Sumenep.
  30. 30. Thibaut, L., Knipprath, H., Dehaene, W., & Depaepe, F. (2019). Teachers’ Attitudes Toward Teaching Integrated STEM: The Impact of Personal Background Characteristics and School Context. International Journal of Science and Mathematics Education, 17(5), 987–1007. https://doi.org/10.1007/s10763-018-9898-7
  31. 31. Utami, D. T., Roshayanti, F., Dewi, E. R. S., & Nugroho, A. S. (2023). ANALISIS BAHAN AJAR BIOLOGI SMA DITINJAU DARI MUATAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs). 09(01).
  32. 32. Wahyunita, I., & Subroto, W. T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning melalui Pendekatan STEM Pada Usaha Menaikan Kapabilitas Berfikir Kritis Peserta Didik. EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 1010–1021. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.503
  33. 33. Zeidler, D. (2015). Socioscientific Issues. In R. Gunstone (Ed.), Encyclopedia of Science Education (pp. 998–1003). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-007-2150-0_314