Pengaruh Metode Team Based Project Pada Praktikum Sel Volta Dengan Bahan Alam Dan Kimia Terhadap Minat Belajar Dan Kemampuan Kolaborasi

Main Article Content

Teguh Ikhmal Bakhtiar
Purwo Susongko
Mukhammad Aji Fatkhurrohman
Fahmi Fatkhomi

Abstract

Perubahan zaman menuntut peserta didik menguasai keterampilan abad ke-21, sehingga pendidikan mengalami dampak signifikan. Minat belajar menjadi faktor penting karena memengaruhi keberhasilan pembelajaran. Salah satu keterampilan esensial abad ke-21 adalah kemampuan kolaborasi. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi apakah metode praktikum sel volta berbasis proyek tim dengan bahan alami dan kimia dapat meningkatkan variabel penelitian. Metode yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan rancangan one group pre-test post-test design. Metode ini belum mencapai taraf eksperimen sebenarnya karena masih ada variabel luar yang memengaruhi hasil. Dalam penelitian ini, tes awal dilakukan sebelum intervensi, dan tes akhir dilakukan setelah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar peserta didik. Berdasarkan uji paired sample t-test, variabel minat belajar dan kemampuan kolaborasi menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang mengindikasikan pengaruh signifikan terhadap hasil pembelajaran.

Article Details

Section
Articles

References

je.v3i1.1013

Muliani, R. D. & Arusman. (2022). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684

Nurwahidah, Abdul, N. devi B. & Jumiaty, A. A. (2022). Students’ Perceptions on The Use of Team-Based Project in English Vocabulary Lesson at SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 4.

Piska, O. :, Andira, A., Utami, A., Astriana, M. & Walid, A. (2022). Analisis Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 11(1), 46–57.

Prihatini, E. (2017). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Formatif, 7(2), 171–179.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 4.

Sulfiani, B. (2021). Kemampuan Berkolaborasi dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa: Pengaplikasian Project Based Learning. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH), 4(1), 13–25.

Syaripudin, I. D., Samsudin, A. & Yuliani, W. (2023). Validitas dan Reliabilitas Angket Minat Belajar. FOKUS, 6(1). https://doi.org/10.22460/focus.v1i1.8641