Main Article Content
Abstract
Perubahan zaman menuntut peserta didik menguasai keterampilan abad ke-21, sehingga pendidikan mengalami dampak signifikan. Minat belajar menjadi faktor penting karena memengaruhi keberhasilan pembelajaran. Salah satu keterampilan esensial abad ke-21 adalah kemampuan kolaborasi. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi apakah metode praktikum sel volta berbasis proyek tim dengan bahan alami dan kimia dapat meningkatkan variabel penelitian. Metode yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan rancangan one group pre-test post-test design. Metode ini belum mencapai taraf eksperimen sebenarnya karena masih ada variabel luar yang memengaruhi hasil. Dalam penelitian ini, tes awal dilakukan sebelum intervensi, dan tes akhir dilakukan setelah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar peserta didik. Berdasarkan uji paired sample t-test, variabel minat belajar dan kemampuan kolaborasi menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang mengindikasikan pengaruh signifikan terhadap hasil pembelajaran.