Deskripsi Kesalahan Peserta Didik Menurut Kastolan pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kesalahan peserta didik kelas VIII A SMP N 2 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022 berdasar hasil jawaban soal materi bangun ruang sisi datar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sampel yang diambil ada 6 subjek penelitian. Masing-masing diambil 2 subjek penelitian pada kelompok tinggi, kelompok sedang dan kelompok rendah. Analisis dilakukan berdasarkan 3 indikator kesalahan menurut Kastolan (1992) sebagai berikut (1) kesalahan konseptual, (2) kesalahan prosedural dan (3) kesalahan teknik. Hasil penelitian menunjukkan pada kelompok tinggi membuat kesalahan pada kesalahan teknik. Pada kelompok sedang membuat kesalahan konseptual dan teknik. Sedangkan pada kelompok rendah paling banyak membuat kesalahan yaitu membuat kesalahan pada ketiga indikator Kastolan. Faktor penyebab kesalahan yang dilakukan peserta didik pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar diantaranya: 1) kurang memahami maksud soal, 2) tidak dapat menentukan rumus yang benar, 3) tidak dapat menerapkan strategi dengan melakukan kesalahan menghitung, 4) pada kelompok rendah tidak menuliskan langkah prosedur penyelesaian sesuai dengan yang diperintahkan. Dengan permasalahan tersebut diharapkan guru mampu memperbaiki pembelajarannya sehingga dapat mengurangi kesalahan yang akan dilakukan peserta didik.
Article Details
References
Ayuningsih, R., Setyowati, R. D., & Utami, R. E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear Berdasarkan Teori Kesalahan Kastolan.
Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(6), 510–518.
https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6790
Bariyyah, K., & Amelia, R. (t.t.). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Bangun
Ruang Sisi Datar Pada Siswa Kelas IX SMP Di Kota Cimahi. 12.
Fajriyati Afdila, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah
Kontekstual Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahapan Kastolan. Jurnal
LEMMA, 5(1). https://doi.org/10.22202/jl.2018.v5i1.3383
Karunia, D.A. (2021). Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas X dalam Menyelesaikan Soal
Materi Trigonometri Berdasarkan Prosedur Newman (Studi Penelitian pada Peserta
Didik Kelas X SMK Insan Mulia Kramat Kabupaten Tegal Tahun 2020/2021) (Doctoral
dissertation, Universitas Pancasakti Tegal).
Martin, I., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Siswa SMA Pada Materi Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika
Inovatif), 3(6), 641-652.
Nurjanatin, I., Sugondo, G., & Manurung, M. M. H. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik
Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Balok Di Kelas VIII
– F Semester Ii SMP Negeri 2 Jayapura. 2, 10.
Sahriah, S. (2012). Analisis Kesalaahan Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Matematika Materi
Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Online
Universitas Negeri Malang.
Salsabila, N., & Maya, R. (t.t.). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan
Dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa Smp Kelas.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan
Dalam Pemecahan Masalah Matematika. 8.
Surya, I. T. M., Suastika, I. K., & Sesanti, N. R. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam
Menyelesaikan Soal-Soal Materi Operasi Bentuk Aljabar Berdasarkan Tahapan
Newman Di Kelas VII SMP NU Bululawang. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains &
Teknologi, 1(1), 25–33. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i1.3058