Deskripsi Kesalahan Peserta Didik Menurut Kastolan pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Main Article Content

Aenun Nasikha
Isnani Isnani
Ponoharjo Ponoharjo

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kesalahan peserta didik kelas VIII A SMP N 2 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2021/2022 berdasar hasil jawaban soal materi bangun ruang sisi datar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sampel yang diambil ada 6 subjek penelitian. Masing-masing diambil 2 subjek penelitian pada kelompok tinggi, kelompok sedang dan kelompok rendah. Analisis dilakukan berdasarkan 3 indikator kesalahan menurut Kastolan (1992) sebagai berikut (1) kesalahan konseptual, (2) kesalahan prosedural dan (3) kesalahan teknik. Hasil penelitian menunjukkan pada kelompok tinggi membuat kesalahan pada kesalahan teknik. Pada kelompok sedang membuat kesalahan konseptual dan teknik. Sedangkan pada kelompok rendah paling banyak membuat kesalahan yaitu membuat kesalahan pada ketiga indikator Kastolan. Faktor penyebab kesalahan yang dilakukan peserta didik pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar diantaranya: 1) kurang memahami maksud soal, 2) tidak dapat menentukan rumus yang benar, 3) tidak dapat menerapkan strategi dengan melakukan kesalahan menghitung,  4) pada kelompok rendah tidak menuliskan langkah prosedur penyelesaian sesuai dengan yang diperintahkan. Dengan permasalahan tersebut diharapkan guru mampu memperbaiki pembelajarannya sehingga dapat mengurangi kesalahan yang akan dilakukan peserta didik.

Article Details

Section
Articles

References

Ayuningsih, R., Setyowati, R. D., & Utami, R. E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear Berdasarkan Teori Kesalahan Kastolan.

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(6), 510–518.

https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6790

Bariyyah, K., & Amelia, R. (t.t.). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Bangun

Ruang Sisi Datar Pada Siswa Kelas IX SMP Di Kota Cimahi. 12.

Fajriyati Afdila, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah

Kontekstual Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahapan Kastolan. Jurnal

LEMMA, 5(1). https://doi.org/10.22202/jl.2018.v5i1.3383

Karunia, D.A. (2021). Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas X dalam Menyelesaikan Soal

Materi Trigonometri Berdasarkan Prosedur Newman (Studi Penelitian pada Peserta

Didik Kelas X SMK Insan Mulia Kramat Kabupaten Tegal Tahun 2020/2021) (Doctoral

dissertation, Universitas Pancasakti Tegal).

Martin, I., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Siswa SMA Pada Materi Fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika

Inovatif), 3(6), 641-652.

Nurjanatin, I., Sugondo, G., & Manurung, M. M. H. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik

Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Balok Di Kelas VIII

– F Semester Ii SMP Negeri 2 Jayapura. 2, 10.

Sahriah, S. (2012). Analisis Kesalaahan Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Matematika Materi

Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Online

Universitas Negeri Malang.

Salsabila, N., & Maya, R. (t.t.). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan

Dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa Smp Kelas.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan

Dalam Pemecahan Masalah Matematika. 8.

Surya, I. T. M., Suastika, I. K., & Sesanti, N. R. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam

Menyelesaikan Soal-Soal Materi Operasi Bentuk Aljabar Berdasarkan Tahapan

Newman Di Kelas VII SMP NU Bululawang. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains &

Teknologi, 1(1), 25–33. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i1.3058