Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini : (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis mobile apps pada materi pencemaran lingkungan IPAS SMK. (2) mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis mobile apps pada materi pencemaran lingkungan IPAS SMK. Jenis penelitian menggunakan RnD model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun prosesnya hanya dilakukan hingga tahap develop. Metode pengumpulan data meliputi wawancara terhadap 2 guru dan beberapa siswa. Angket disusun untuk validasi ahli media, materi dan soal, serta tanggapan siswa. Dokumentasi dan instrumen penilaian digunakan untuk validasi ahli media oleh 3 validator, 3 validator ahli materi dan soal serta tanggapan peserta didik yang diuji pada skala terbatas dengan 21 responden dari jurusan TKJ dan skala luas dengan 39 responden dari jurusan TKR. Data dianalisis menggunakan teknik kualitatif melalui tahap reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasill penelitian pengembangan ini menyimpulkan (1) telah berhasil dikembangkan media pembelajaran interaktif berbasis mobile apps pada materi pencemaran lingkungan IPAS SMK melalui tahapan define, design dan develop yang telah divalidasi oleh para ahli dengan hasil sesuai dengan aspek dan kriteria yang ditetapkan. (2) kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis mobile apps yang dikembangkan pada materi pencemaran lingkungan IPAS SMK dinilai sangat layak, dengan hasil validasi oleh ahli media 89,40% serta oleh ahli materi dan soal 91,60%. Hal ini diperkuat oleh hasil respon peserta didik yang mencapai 90,2% pada uji coba skala terbatas dan 92% pada uji coba skala luas yang dikategorikan sangat menarik
Keywords
Article Details
References
- Aini, K., Rosidi, I., Muharrami, L. K., Hidayati, Y., & Wulandari, A. Y. R. (2023). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Videoscribe Berbasis Animation Drawing Menggunakan Model Addie Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Natural Science Education Research, 6(1), 112–121. https://doi.org/10.21107/nser.v6i1.11527
- Ardi Wijaya, K., Sapti, M., & Rizkia Pangestika, R. (2022). Pengembangan E-Modul Bangun Datar Berbasis Teori Multiple Intelligence untuk Siswa Kelas IV SDN Ngupasan. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 96–103. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.20249
- Fatkhomi, F., & Arfiani, Y. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif berbasis Flash pada Pembelajaran Fisika. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(2), 102–108. https://doi.org/10.24905/psej.v6i2.47
- Haerullah, H., & Elihami, E. (2020). Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal dan Non Formal. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 190–207.
- Ifenthaler, D., Hofhues, S., Egloffstein, M., & Helbig, C. (2021). Digital transformation of learning organizations. In Digital Transformation of Learning Organizations. https://doi.org/10.1007/978-3-030-55878-9
- Laila Raudatul Fauziah. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6. Al Murabbi, 5(2), 1–7. https://doi.org/10.35891/amb.v5i2.2135
- Lepiyanto, A. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 156. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795
- Maesaroh, S., & Mulyadiprana, A. (2020). Rancangan Multimedia Interaktif tentang Pantun untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 133–142. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i3.25338
- Muhazir, A., & Retnawati, H. (2020). The teachers’ obstacles in implementing technology in mathematics learning classes in the digital era. Journal of Physics: Conference Series, 1511(1), 0–11. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012022
- Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod Iii. PENSA?: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
- Putra, A. K., Islam, M. N., & Prasetyo, E. B. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Mobilitas Penduduk dan Ketenagakerjaan Berbasis STEM. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(2), 149–159. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i2.3178
- Putra, R. W., Sari, L. P., Meirina, R., Nursyam, Y., Hamzaini, H., & Zaidi, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Musik Digital Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3604–3611. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2732
- Salsabila, U. H., Ramadhan, P. L., Hidayatullah, N., & Anggraini, S. N. (2022). Manfaat Teknologi Dalam Pendididkan. TA’LIM?: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(1), 1–17.
- Sudarsana, I. K., Nakayanti, A. R., Sapta, A., Haimah, Satria, E., Saddhono, K., Achmad Daengs, G. S., Putut, E., Helda, T., & Mursalin, M. (2019). Technology Application in Education and Learning Process. Journal of Physics: Conference Series, 1363(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1363/1/012061
- Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
- Widiyanto, B. (2017). Penerapan Metode Field trip pada MK. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Kepedulian Mahasiswa terhadap Permasalahan Sampah. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 11(2), 159–169. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v11i2.858
- Widiyanto, B., Nur Hayati, M., & Arfiani, Y. (2021). Penggunaan Media Video Komik Tema Pencemaran Sebagai Media Ajar IPA untuk Meningkatkan Environment Sensitivity. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(2), 69–76. https://doi.org/10.24905/psej.v6i2.124