Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile Apps Pada Materi Pencemaran Lingkungan IPAS SMK

Main Article Content

Annisatuz Zahro
Bayu Widiyanto
Fahmi Fatkhomi

Abstract

Tujuan penelitian ini : (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis mobile apps pada materi pencemaran lingkungan IPAS SMK. (2) mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis mobile apps pada materi pencemaran lingkungan IPAS SMK. Jenis penelitian menggunakan RnD model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun prosesnya hanya dilakukan hingga tahap develop. Metode pengumpulan data meliputi wawancara terhadap 2 guru dan beberapa siswa. Angket disusun untuk validasi ahli media, materi dan soal, serta tanggapan siswa. Dokumentasi dan instrumen penilaian digunakan untuk validasi ahli media oleh 3 validator, 3 validator ahli materi dan soal serta tanggapan peserta didik yang diuji pada skala terbatas dengan 21 responden dari jurusan TKJ dan skala luas dengan 39 responden dari jurusan TKR. Data dianalisis menggunakan teknik kualitatif melalui tahap reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasill penelitian pengembangan ini menyimpulkan (1) telah berhasil dikembangkan media pembelajaran interaktif berbasis mobile apps pada materi pencemaran lingkungan IPAS SMK melalui tahapan define, design dan develop yang telah divalidasi oleh para ahli dengan hasil sesuai dengan aspek dan kriteria yang ditetapkan. (2) kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis mobile apps yang dikembangkan pada materi pencemaran lingkungan IPAS SMK dinilai sangat layak, dengan hasil validasi oleh ahli media 89,40% serta oleh ahli materi dan soal 91,60%. Hal ini diperkuat oleh hasil respon peserta didik yang mencapai 90,2% pada uji coba skala terbatas dan 92% pada uji coba skala luas yang dikategorikan sangat menarik

Article Details

Section
Articles

References

Salsabila, U. H., Ramadhan, P. L., Hidayatullah, N., & Anggraini, S. N. (2022). Manfaat Teknologi Dalam Pendididkan. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(1), 1–17.

Sudarsana, I. K., Nakayanti, A. R., Sapta, A., Haimah, Satria, E., Saddhono, K., Achmad Daengs, G. S., Putut, E., Helda, T., & Mursalin, M. (2019). Technology Application in Education and Learning Process. Journal of Physics: Conference Series, 1363(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1363/1/012061

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Widiyanto, B. (2017). Penerapan Metode Field trip pada MK. Pendidikan Lingkungan Hidup untuk Meningkatkan Kepedulian Mahasiswa terhadap Permasalahan Sampah. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 11(2), 159–169. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v11i2.858

Widiyanto, B., Nur Hayati, M., & Arfiani, Y. (2021). Penggunaan Media Video Komik Tema Pencemaran Sebagai Media Ajar IPA untuk Meningkatkan Environment Sensitivity. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(2), 69–76. https://doi.org/10.24905/psej.v6i2.124