Identifikasi Ragam Media Pembelajaran IPA pada Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka

Main Article Content

Antika Tafrijiyah
Mobinta Kusuma
Fahmi Fatkhomi

Abstract

Kurikulum Merdeka menekankan pada pembelajaran yang lebih fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penggunaan media yang tepat menjadi sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran berdiferensiasi yang memperhatikan perbedaan individu peserta didik terkait kemampuan, minat, dan gaya belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi ragam media pembelajaran IPA pada pembelajaran berdiferensiasi di era Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara yang melibatkan guru IPA SMP di Kecamatan Margadana Kota Tegal. Data dikumpulkan menggunakan teknik purposive sampling menggunakan wawancara. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan data reduction, data display dan data verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ragam media pembelajaran yang digunakan meliputi media visual meliputi powerpoint; media audio-visual meliputi video pembelajaran; multimedia meliputi Classroom, Quizizz, dan Wordwall; dan media realia atau lingkungan sekitar meliputi alat peraga. Pemilihan media disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik untuk mendukung pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna.

Article Details

Section
Articles

References

Ashfarina, I. N., Soedjarwo, & W, D. T. W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1355–1364. http://jurnaledukasia.org
Azmy, B., & Fanny, A. M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 217–223. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa
Basir, M. R., Muhaqqiqoh, S. S., & Pandiangan, A. P. B. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Strategi Mencapai Tujuan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Inovasi: Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, 1(2), 132–138. https://ejournal.lpipb.com/index.php/inovasi
Cahyaningtyas, E., Widiyanto, B., & Kusuma, M. (2019). Penguatan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berbasis Model Problem Base Learning (PBL). Cakrawala Jurnal Pendidikan, 13(2), 56–63. http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/Cakrawala
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Fourth Edition (4th ed.). SAGE Publications, Inc.
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Fitriya, M., & Patriasurya Azhar, A. (2023). Analis Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Kelas V MI Tarbiyatul Athfal. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(25), 536–547. https://doi.org/10.5281/zenodo.10432311
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10
Junaidi. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://ejournal.kompetif.com/index.php/diklatreview/article/download/349/287
Kanellopoulou, C., Kermanidis, K. L., & Giannakoulopoulos, A. (2019). The Dual-Coding and Multimedia Learning Theories: Film Subtitles as a Vocabulary Teaching Tool. Education Sciences, 9(3), 210. https://doi.org/10.3390/educsci9030210
Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., Fitri, A. K., & L, N. A. (2021). Pemanfaatan Media Visual dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran. Akademika Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(02), 291–299. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402
Mayer, R. E. (2024). The Past, Present, and Future of the Cognitive Theory of Multimedia Learning. Educational Psychology Review, 36(1). https://doi.org/10.1007/s10648-023-09842-1
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran (1st ed.). Badan Penerbit UNM.
Pahleviannur, M. R., Grave, A. De, Saputra, D. N., Mardianto, D., Sinthania, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Susanto, E. E., Mahardhani, A. J., Amruddin, Alam, M. D. S., Lisya, M., & Ahyar, D. B. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (1st ed.). Pradina Pustaka.
Purba, A. Z., Nasution, F. H., Parapat, K. M., Jannah, M., & Ulkhaira, N. (2024). Gamifikasi Dalam Pendidikan: Meningkatkan Motivasi dan Keterlibatan Siswa. Maximal Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya Dan Pendidikan, 1(5), 299–305. https://malaqbipublisher.com/index.php/MAKSI
Sadiah, S., & Oktaviani, A. M. (2023). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III. Pelita Calistung: Jurnal Keilmuan Dan Pendidikan Dasar, 4(2), 93–100. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/
Sahronih, S., Purwanto, A., & Sumantri, M. S. (2019). The Effect of Interactive Learning Media on Students’ Science Learning Outcomes. Proceedings of the 2019 7th International Conference on Information and Education Technology, 20–24. https://doi.org/10.1145/3323771.3323797
Sola, E., Bahtiar, I. A., Musdalifa, & Sudarman, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa MPI Kelas B Semester IV UIN Alauddin Makassar. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 48–61. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/edu.v2i01.30610
Suri, A., Risnanosanti, & Ristontowi. (2024). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Konsep Luas Persegi dan Persegi Panjang di SD Negeri 10 Kepahiang. Journal of Human And Education, 4(3), 666–671. https://jahe.or.id/index.php/jahe/index
Waruwu, E. W., & Bilo, D. T. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar: Strategi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pendidikan Agama Kristen. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 2(2), 254–268. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v2i2.328
Wiyono, H. (2023). Sistem Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka: Di SMP Negeri 21 Pontianak. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 85–94. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3354
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928–3936. http://jonedu.org/index.php/joe
Yuwanita, I., Dewi, H. I., & Wicaksono, D. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Instruksional, 1(2), 152–158.